Kuliner

6 Makanan Berbungkus Daun Pisang dari Berbagai Negara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Daun pisang sebagai pembungkus makanan tidak hanya digunakan di Indonesia saja lho! Beberapa negara pun menggunakan daun ini untuk membungkus makanan khas masing-masing. Mau tahu negara mana dan makanan seperti apa yang dibungkus daun dari pohon pisang? Berikut daftarnya!

Chimaki, Jepang

chimaki, hidangan berbungkus daun pisang dari jepang
Image source: @hakozakigu.official

Salah satu makanan populer dari Jepang ini biasa disajikan saat perayaan Hari Anak yang jatuh pada tanggal 5 Mei. Chimaki dibungkus dengan daun pisang dan memiliki dua rasa berbeda, yaitu manis dan gurih. Chimaki manis terbuat dari beras ketan dan yokan (gelatin), sedangkan yang asin memiliki isian sayuran dan daging.

Banh Gio, Vietnam

olahan berbungkus daun pisang dari vietnam
Image source: @eat_this_and_that

Berbentuk segitiga dan dibungkus dengan daun pisang membuat banh gio terlihat seperti bacang, ya? Tidak jauh berbeda dengan bacang dari negara kita, bahn gio terbuat dari campuran beras, garam, dan air. Yang membedakan hanya isian saja. Masyarakat Vietnam menggunakan daging babi cincang yang dicampur dengan lada dan saus ikan sebagai isian. Bagi yang tidak mengkonsumsi daging babi, ada juga banh gio yang berisi daging sapi atau ayam. Karena popularitasnya, bahn gio mudah ditemukan di berbagai sudut kota-kota yang ada di Vietnam.

Juane, Peru

Image source: @ecologytours

Juane berbahan dasar beras yang diberi minyak zaitun dan bumbu rempah-rempah. Makanan yang menjadi menu utama di Peru ini biasanya disantap bersama daging dan telur rebus. Sebelum dibungkus dengan daun pisang, adonan juane terlebih dahulu disiram dengan telur kocok agar adonan lebih rekat. Selain beras, bahan dasar juane bisa diganti dengan kacang-kacangan, singkong, atau chonta (campuran singkong dan beras).

Hallaca, Venezuela

Image source: @vzlanosenbga

Makanan berbungkus daun pisang ini dibuat dari adonan jagung dengan semur daging sebagai isiannya. Daging yang digunakan biasanya sapi, ayam, atau babi yang dicampur dengan bahan lain seperti minyak zaitun, kismis, dan caper. Meskipun populer di Venezuela, hallaca juga biasa dikonsumsi oleh masyarakat Kolombia, Ekuador, dan Kuba.

Suman Malagkit, Filipina

Image source: @lifewithgaridelsessions

Hidangan ini dibuat dari beras ketan, santan, dan garam. Cara memasaknya pun dikukus setelah dibungkus dengan daun pisang. Jika sudah matang, hidangan ini tinggal disantap saja atau dimakan bersama siraman saus karamel kelapa.

Pasteles, Puerto Rico

Image source: @bizcochosysancochos

Hidangan berbungkus daun pisang ini biasanya disajikan saat perayaan Natal. Pasteles terbuat dari yautía (xanthosoma) atau talas Belitung yang dicampur dengan labu tropis dan kentang. Makanan ini mengandung isian berupa daging, minyak annatto, dan susu. Rasanya gurih dan cocok dihidangkan sebagai kudapan saat kumpul keluarga.

Avatar
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.