Destinasi Indonesia

6 Gunung di Indonesia yang Aman untuk Didaki Di Musim Hujan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Gunung di Indonesia jumlahnya banyak sekali dengan beragam ketinggian dan pemandangan yang disajikan. Beberapa gunung ada yang hanya aman didaki saat musim kemarau, tapi ada juga yang aman untuk didaki bahkan saat musim hujan. Cek list gunung-gunung yang aman untuk didaki saat penghujan yang dirangkum oleh Holamigo.

Gunung Andong

Gunung di Indonesia
Instagram @tyoeko10

Salah satu gunung di Indonesia yang sekarang fotonya sering muncul di sosial media adalah Andong. Gunung Andong menjadi salah satu gunung yang hits dikalangan anak-anak muda pecinta hiking. Tinggi Andong sekitar 1.726 mdpl saja jadi tidak terlalu tinggi. Lokasi Andong berada di daerah Magelang, Yogyakarta dan Semarang. Karena memiliki area yang cukup landai juga tidak licin, maka gunung ini bisa didaki dengan mudah bahkan di musim hujan sekali pun. Jadi di saat hujan sekalipun para pencinta naik gunung bisa tetap mendaki Andong meskipun harus tetap berhati-hati.

Gunung  Lawu

Musim Hujan
Instagram @ipulkodak

Selain Andong, gunung di Indonesia yang juga aman untuk didaki saat musim penghujan adalah Lawu. Gunung dengan ketinggian 3.150 mdpl ini letaknya berada di antara perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jadilah Lawu menjadi tempat pertemuan para pendaki dari dua provinsi tersebut. Saat musim hujan, gunung ini dibuka untuk pendakian dan terdapat dua pintu masuk, yaitu Candi Cetho dan Cemoro Kandang. Pintu masuk yang ditutup adalah Cemoro Sewu. Pastikan kamu tidak salah pilih pintu masuk.

Gunung Slamet

gunung di Indonesia
Instagram @kholis.nugroho

Di antara gunung-gunung di Indonesia yang terkenal akan mistisnya adalah Slamet. Selain itu gunung ini juga tergolong sebagai gunung yang sangat aktif. Tinggi Gunung Slamet yaitu 3.432 mdpl karenanya Slamet mendapatkan predikat sebagai gunung tertinggi di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Meski musim hujan, gunung ini tetap dibuka untuk pendakian tapi jalur yang dibuka hanya jalur Bambangan. Perlu diingat jika akan mendaki gunung ini di saat hujan harus ektra hati-hati. Selain itu, angin yang cukup kencang dan terkadang terjadi badai jadi pikirkan dulu keselamatamu sebelum mendaki.

Gunung Sindoro dan Sumbing

musim hujan
Instagram @dom_lidom

Selain yang sudah disebutkan sebelumnya, gunung di Indonesia yang juga dibuka untuk pendakian saat musim hujan adalah Gunung Kembar Sindoro dan Sumbing. Kedua gunung ini lokasinya saling berdekatan. Tak hanya itu, bahkan tingginya pun hampir sama. Tinggi Sumbing lebih sedikit dari Sindoro, yaitu 3.340 mdpl sedangkan Sindoro 3.155 mdpl. Penduduk di dua daerah ini menyebut gunung ini sebagai Gunung Kembar. Kedua gunung ini bisa didaki saat musim penghujan. Akhir pekan ini kamu bisa jadwalkan untuk mendaki gunung ini.

Gunung Merbabu

gunung di Indonesia
Instagram @dwiriyantoo

Musim hujan bukan berarti tidak bisa naik gunung di Indonesia. Cobalah naik ke Gunung Merbabu. Kamu bisa naik gunung ini dengan aman meskipun saat musim penghujan. Di kala hujan, pendaki bisa naik lewat area Selo Wekas serta Suwanting sampai Cunthel. Selain jalur itu, kamu bisa juga naik lewat jalur Thekelan.

Gunung Papandayan

musim hujan
Instagram @crusmna

Kamu para pendaki gunung di Indonesia dari Jawa Barat, ada gunung yang bisa kamu daki saat musim hujan, yaitu Gunung Papandayan. Tak hanya aman saat hujan tapi juga pas untuk para pendaki pemula. Gunung ini juga bisa dijadikan ajang untuk tempat liburan karena pemandangannya yang indah.

Baca juga:

5 Gunung Pasir Terkenal di Indonesia yang Sayang untuk Dilewatkan

Lembah Mandalawangi: Lembah Kasih di Gunung Pangrango

Kini musim hujan tak lagi jadi penghalang untuk kamu mendaki gunung di Indonesia karena ada gunung yang juga aman untuk didaki di musim penghujan. Jadi, kalau kamu penggemar hiking, kamu tak akan kehabisan gunung untuk didaki. Siap untuk menaklukkan ketinggian?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.