Kuliner

6 Fakta Menarik Seputar Boba, Si Mutiara Hitam dari Taiwan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tahukah kamu bahwa boba memiliki fakta menarik yang jarang diketahui oleh banyak orang? Minuman boba asal Taiwan ini semakin viral di Indonesia dan banyak dikreasikan dengan berbagai rasa yang akan memanjakan lidah para pecinta kuliner. Tapi, ada baiknya kamu jangan hanya menikmati minuman ini saja, melainkan juga mengetahui fakta-faktanya untuk menambah pengetahuan kamu. Yuk, tanpa basa-basi lagi, simak fakta seputar boba berikut ini!

Meningkatkan Pariwisata Taiwan

6 fakta menarik seputar boba
Image source: @eat.lena

Menurut Fanny Low, Direktur Pusat Informasi Wisata Taiwan di Jakarta, keberadaan boba, atau dijuluki juga sebagai ‘mutiara hitam’, mampu meningkatkan pariwisata Taiwan. Fakta menariknya, bila sebelumnya negara tersebut tidak menjadi pilihan destinasi wisata, semenjak kemunculan boba banyak wisatawan yang ingin mengunjungi Taiwan demi mencicipi rasa asli boba di tanah kelahirannya.

Penemuan Tak Sengaja

Fakta menarik selanjutnya yaitu boba merupakan hasil penemuan yang tak disengaja oleh Liu Han Chieh bersama Lin Hsui Hui, manajer Chun Shui Tang Tea House di Taichung, Taiwan. Saat itu, mereka mengkreasikan fen yuan (bola-bola kecil dan kenyal yang disajikan dalam air gula dingin) ke dalam teh susu dingin. Awalnya kreasi ini dikenalkan di tahun 1987 pada keluarga dan kerabat saja sebagai hidangan penutup. Ternyata banyak yang menyukai cita rasanya sehingga kedai teh Chun Shui Tang pun menjualnya untuk umum dan selalu laris.

Boba Tertua

Chun Shui Tang Original Store / Image source: @abi8516

Sebenarnya ada lebih dari 45 brand boba yang buka di Taiwan. Bahkan banyak convenient store yang menjual minum ini sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya di kota-kota yang ada di Taiwan. Tapi akan jadi fakta menarik bila kita mengetahui boba paling tua yang ada di Taiwan, kan? Chun Shui Tang dan Hanlin Tea adalah dua kedai teh yang menjual boba terlama di negara tersebut.

Bukan Hanya Dibuat dari Pati Singkong

salah satu fakta menarik yaitu boba bisa dibuat dari bahan lain selain pati singkong
Image source: @imilky.my

Teksturnya yang kenyal karena terbuat dari pati singkong menjadi ciri khas boba. Tidak heran juga bila boba tinggi akan karbohidrat dan cukup mengenyangkan. Namun fakta menariknya, boba tidak hanya bisa dibuat dari pati singkong, tapi juga bisa dibuat dengan bahan serupa cincau. Boba dari bahan tersebut biasanya memiliki kandungan serat yang tinggi.  Boba juga dianggap sebagai menu vegetarian karena bahannya yang hanya menggunakan pati singkong, gula, dan teh. Jadi boba tentunya bisa dikonsumsi oleh vegetarian dan wisatawan Muslim.

Tinggi Kalori

Image source: @xieairen2503

Tahukah kamu satu butir boba mengandung 5 – 14 kalori? Fakta menariknya lagi, dengan menambahkan seperempat cangkir saja, kamu akan menambah sekitar 100 kalori di minuman teh dinginmu. Belum lagi kalori yang kamu dapat dari campuran teh, susu, dan gula. Terlalu banyak minum boba juga bisa membuat kamu sembelit karena yang kamu dapat hanya karbohidrat kosong dengan tingkat vitamin dan mineral yang rendah.

Bubble Tea Berbeda dengan Boba

Bila boba merupakan bola-bola hitam yang dicampur dengan teh susu dingin, bubble tea merupakan busa yang terdapat di permukaan teh karena proses pembuatannya yang diaduk atau dikocok hingga memunculkan busa. Jadi, setelah mengetahui fakta menarik ini, kamu jadi tahu bahwa bubble tea dan boba tidaklah sama.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.