Jawa

5 Tempat Wisata Yogyakarta Yang Masih Berselimut Misteri

Pinterest LinkedIn Tumblr

Yogyakarta dikenal dengan keindahan alamnya dan warisan budayanya yang masih terjaga dengan baik. Tidak aneh jika banyak tempat wisata Yogyakarta yang seringkali ramai dikunjungi wisatawan. Namun, kota gudeg ini juga menyimpan banyak misteri, yang mungkin belum Anda ketahui.

Beberapa tempat wisata Yogyakarta memang menjadi destinasi populer karena keunikan budaya lokalnya. Tapi tidak sedikit juga yang justru terkenal karena kisah misterius yang masih belum terpecahkan . Ini dia tempat-tempat wisata Yogyakarta yang masih berselimut misteri.

Wisata Keraton Yogyakarta

tempat wisata
flickr.com/Anton Saputra

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu bangunan tertua di Yogyakarta yang menyimpan beragam kisah misteri. Penduduk lokal meyakini bahwa tempat tinggal Sultan Jogja tersebut dijaga oleh sosok tak kasat mata. Karena itu para pengunjung harus menjaga perilakunya selama berada di Keraton Yogyakarta.

Pasar Bubrah

objek wisata
flickr.com/Haby Haris

Pasar Bubrah merupakan salah satu tempat wisata Yogyakarta yang terletak sekitar satu kilometer dari puncak gunung Merapi. Sebenarnya lokasi ini bukanlah pasar yang sebenarnya karena lokasinya yang berada di dataran tinggi. Namun tempat ini dipercaya sebagai “Pasar Setan”

Lokasi yang biasa dijadikan sebagai basecamp bagi para pendaki ini terkenal dengan kejadian-kejadian yang janggal dan cenderung berbau mistis. Banyak sekali pendaki yang mengalami kejadian aneh. Seorang pendaki pernah bercerita dalam blognya tentang Pasar Bubrah ini. Ia mengungkapkan bahwa ia dan teman-temannya mendengar suara gamelan seperti ada yang mengadakan hajatan. Mbah Marijan menjelaskan bahwa suara gamelan tersebut menandakan bahwa penghuni gaib dari Gunung Merapi sedang bersiap untuk meminta tumbal.

Wisata Gua Jepang

destinasi wisata yogyakarta
Gua Kaliurang

Tempat wisata Yogyakarta lainnya yang memiliki kisah misteri adalah gua Jepang yang berlokasi di Puncong dang Kaliurang. Dulunya gua ini digunakan tentara Jepang untuk menyiksa para tahanan. Banyak pengunjung yang datang kesini mengaku melihat sosok tentara yang berbaris atau suara orang yang menangis.

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT:

Wisata Pantai Parangkusumo

tempat wisata yogyakarta
flickr.com/Mastegoeh

Di jaman modern saat ini, misteri Nyi Roro Kidul masih dipercaya masih menghuni pantai Parangkusumo, yang menjadi lokasi pelabuhan Kesultanan. Pantai ini juga dipercaya sebagai gerbang ke Istana Selatan.

Pulung Gantung

wisata yogyakarta
flickr.com/ekha surya

Di wilayah Gunung Kidul ada sebuah fenomena yang disebut Pulung Gantung. Pulung berarti “Bola Api” dan kemunculannya selalu dianggap menandakan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi. Peristiwa ini seringkali membuat banyak orang kehilangan akalnya dan berusaha bunuh diri.

Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata diatas?

Mario
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.