Kuliner

5 Street Food dari Eropa yang Menggugah Selera

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bukan hanya makanan mewahnya saja yang patut untuk dicoba,  street food khas Eropa pun perlu mendapat perhatian dari para pecinta kuliner. Banyak sekali jajanan jalanan khas dari negara-negara Eropa yang akan memanjakan lidah kamu. Nah kalau kamu bertandang ke Eropa, jangan lupa untuk mencicipi ragam jajanannya ya! Sebagai contoh, kamu bisa memburu lima jajanan ini:

Currywurst, Jerman

street food eropa
Image source: @comeanddinewithkevin

Banyak kuliner khas Jerman yang berbahan dasar daging, tidak terkecuali street food-nya. Salah satu jajanan yang terkenal dari negara ini adalah currywurst. Jajanan ini berupa potongan sosis yang diberi saus tomat dan ditaburi bubuk kari. Ada juga makanan lain yang sama populernya dengan currywurst, yaitu döner kebab. Meskipun berasal dari Turki, ternyata kebab ini sangat populer dan mudah ditemukan di Jerman.

Pastel de Nata, Portugal

jajanan dari portugal
Image source: @primitifsokakyemekleri

Kalau street food yang satu ini berasal dari Portugal. Pastel de nata memiliki rupa seperti puding susu yang berbentuk tart. Pada bagian atasnya dibiarkan agak gosong kemudian ditaburi bubuk kayu manis. Oh ya, pastel sendiri berarti kue dalam Bahasa Portugal. Dari kata itulah kudapan pastel khas Indonesia yang berisi sayuran, ayam, dan telur  itu dinamai.

Trdelník, Ceko

street food dari ceko
Image source: @marie.h__

Kue khas Ceko ini terbuat dari adonan yang berlapis-lapis dan dibentuk melingkar panjang seperti cerobong asap. Cara pengolahannya yaitu dipanggang di atas api kemudian dilapisi oleh kacang dan gula. Bagian tengahnya dibiarkan bolong. Tetapi, kamu bisa kok meminta varian isi seperti cokelat, manisan, dan krim untuk menambah cita rasa dari street food khas ini. Sebenarnya, selain di Ceko, kamu pun bisa menemukan trdelník jika tengah berkalan-jalan di Slovakia.

Waffle, Belgia

jajanan dari belgia
Image source: @rabbithole_bdg

Jika kamu ingin menikmati waffle dengan cita rasa dari negara asalnya, datang saja ke Belgia. Street food ini pun bisa diberi topping yang beragam, dari mulai isian sederhana seperti gula hingga buah-buahan dan es krim. Kudapan ini pun bisa disajikan dalam dua varian tekstur,  dari tekstur yang crispy hingga lembut.

Pizza, Italia

Image source: @semarangjajanterus

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Ya, pizza! Di negara asalnya yakni Italia, pizza merupakan jenis street food yang mudah ditemukan di pinggir jalan. Cukup disantap pakai tangan saja dan sambil menyusuri jalan-jalan di Italia atau duduk bersantai di taman, hidangan ini tetap terasa nikmat. Namun, bila kamu ingin merasakan hidangan ini dengan cita rasa otentik, carilah penjual pizza yang masih menggunakan oven berbahan bakar kayu untuk memasaknya. Dijamin deh rasanya akan khas sekali.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.