Kuliner

5 Street Food dari Buah-buahan yang Lezat dan Segar Banget!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tahukah kamu bahwa buah-buahan bisa dijadikan street food atau jajanan yang menggugah selera dan menyegarkan? Contohnya di negara-negara Asia yang kaya akan hasil alam, street food jenis ini sangat mudah ditemukan dan menjadi salah satu jajanan favorit para pecinta kuliner. Kamu mau tahu apa saja street food atau jajanan populer yang berbahan dasar buah segar khususnya di negara-negara Asia? Berikut ini ulasannya!

Bing Tanghulu

street food buah-buahan dari asia timur
Image source: @glpfilms

Street food dari buah-buahan ini populer di daerah Asia Timur, khususnya Tiongkok dan Taiwan. Bing tanghulu terbuat dari buah segar seperti kiwi, melon, stroberi, anggur, dan jeruk Sunkist. Buah ini ditusuk lalu dicelupkan ke gula karamel hingga mengeras sebelum akhirnya disantap. Jajanan yang satu ini mudah sekali ditemukan kalau kamu tengah bertandang ke negara-negara kawasan Asia Timur.

Manggang Hilaw Bagoong Alamang

jajanan dari buah-buahan asal filipina
Image source: Pinterest

Sering disebut juga sebagai mango shrimp paste, street food dari buah-buahan ini mudah ditemukan di Filipina. Sesuai dengan namanya, manggang hillaw baagoong alamang berbahan dasar mangga muda yang dipotong menjadi beberapa bagian. Setelah itu, di bagian tengah mangga tersebut diberi isian shrim paste atau sambal terasi khas Filipina. Cara penyajiannya pun menggunakan tusukan agar lebih mudah menyantapnya.

Creamy Fruit Chaat

Image source: @recipestastyfood

Penampilannya mirip sekali dengan salad buah, kan? Street food ini dijual di wilayah Pakistan. Bahan-bahan yang digunakan biasanya jeruk, pisang, jambu biji, stroberi, dan apel. Buah-buahan tersebut kemudian dipotong dan dicampur bersama whipped cream serta diberi sirup mawar dan taburan kacang. Sekali cicip, kamu pasti akan ketagihan dengan jajanan yang satu ini.

Asinan Buah

Image source: @asinan.ntink86

Kamu pasti sudah bisa menebak kalau street food buah-buahan yang satu ini berasal dari Indonesia, tepatnya sangat populer di daerah Jakarta, Bogor, dan Tangerang. Biasanya buah yang digunakan adalah nanas, kedongdong, bengkuang, dan mangga. Setelah buah dicampur menjadi satu, kemudian disiram dengan kuah merah. Kuah merah tersebut terbuat dari campuran air jawa, cabai, gula, terasi, dan asam Jawa.  Asinan buah dikenal sebagai jajanan dengan cita rasa beragam dan enak disantap pada cuaca apapun.

Pera Achcharu

Image source: ubereats.com

Berasal dari Sri Lanka, pera achcharu bisa dibilang asinan khas negara ini. Bedanya dengan asinan buah-buahan dari Indonesia yaitu pera achcharu menggunakan jambu biji yang belum matang sebagai bahan utamanya. Jambu tersebut dipotong kemudian diberi bumbu pelengkap khas Sri Lanka yang terbuat dari bubuk cabai, garam, dan gula.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.