Kuliner

5 Menu Makan Malam yang Aman Disantap Saat Lagi Diet

Pinterest LinkedIn Tumblr

Makan malam atau dinner terkadang menjadi pantangan sendiri bagi yang sedang diet. Padahal sebenarnya kamu masih tetap bisa memberikan tubuh kamu asupan makanan di malam hari asal lebih selektif saja dalam memilih menu. Sebagai referensi, kamu bisa menyantap menu berikut ini untuk dinner. Dijamin deh, menu ini tidak akan mengganggu diet kamu!

Salad Buah dan Kacang-kacangan

Image source: @thefruitshed

Serat sangatlah penting untuk melancarkan pencernaan dan bisa membuat kamu kenyang lebih lama. dan mengurangi . Serat juga baik dikonsumsi untuk makan malam dan mengurangi craving terhadap makanan berlemak, apalagi bagi kamu yang sedang diet. Contoh makanan yang banyak mengandung serat ialah salad buah dan kacang-kacangan. Jadi pilihlah menu ini bila kamu merasa butuh asupan makanan di malam hari.

Salmon dan Labu Kuning Kukus

Image source: @travelfoodandleisure

Salmon mengandung protein, lemak, dan omega-3 yang berperan penting untuk menutrisi tubuh kamu. Kandungan kalori dalam salmon pun cenderung rendah sehingga ikan ini cocok dikonsumsi sebagai menu makan malam, khususnya kalau kamu sedang diet. Salmon juga dapat meningkatkan metabolisme dan mengontrol berat badan. Kalau salmon saja tidak cukup, kamu bisa mengonsumsinya bersama labu kuning kukus yang rendah kalori dan kaya akan serat.

Dada Ayam

Image source: @everyday_delicious_

Dada ayam termasuk menu makan malam yang aman dikonsumsi bagi kamu yang sedang diet. Kandungan kalorinya rendah namun protein yang dimiliki akan mampu menutrisi tubuh kamu. Rasanya juga gurih, jadi kamu tetap bisa makan enak meskipun sedang diet.

Gandum Utuh

Image source: @meri_foodie81

Pilihlah menu makan malam yang mengandung gandum utuh saat kamu dalam program diet. Kamu bisa mencoba roti gandum utuh, quinoa, dan beras merah yang memiliki serat tinggi. Gandum utuh juga kaya akan magnesium atau mineral yang dapat membantu  meningkatkan metabolisme tubuh. Kalau ingin makan enak untuk dinner tapi tidak ingin melanggar pantangan diet, kamu bisa mencampurkan tiga sendok nasi merah, lalapan, dan dada ayam bakar.

Pasta dan Jamur

Image source: @lazycatkitchen

Menurut penelitian di Italia, mereka yang sering mengonsumsi pasta dari gandum utuh cenderung memiliki pinggul, lingkar pinggang, dan berat badan yang lebih kecil.  Sama halnya dengan penelitian dari Kanada yang mengungkap bahwa pasta gandum utuh mampu menurunkan kadar gula darah bila dibandingkan dengan jenis karbohidrat lainnya. Tambahkan jamur dalam hidangan pasta kam  agar menu makan malam  semakin sehat. Jamur sendiri memiliki serat dan kandungan antioksidan yang tinggi sehingga sering dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.