Kuliner

5 Makanan Khas Sunda Yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Akhir-akhir ini Jawa Barat tengah diramaikan dengan berita soal Sunda Empire, sebuah perkumpulan yang didirikan untuk mendirikan kerajaan Sunda. Namun, terlepas dari kontroversi yang melibatkan Sunda Empire, Tanah Sunda memiliki berbagai kekayaan yang dikagumi oleh masyarakat di luar Jawa Barat, termasuk kulinernya. Makanan khas Sunda memiliki rasa yang sangat menggugah selera dan pastinya bikin para pecinta kuliner nusantara ketagihan. Apa saja makanannya? Berikut ini ulasannya!

Karedok

makanan khas sunda dari sayuran mentah
Image source: @lotek_ibu_enen

Tidak sedikit orang yang menyangka bahwa karedok merupakan kuliner dari Jakarta. Padahal sebenarnya karedok adalah makanan khas Sunda lho! Mungkin karena memiliki penampilan yang mirip seperti gado-gado Betawi, makanya makanan ini dianggap dari Jakarta. Karedok merupakan olahan yang berisi sayuran mentah dan dicampur dengan bumbu kacang tanah. Dalam satu porsi karedok, biasanya ada sayuran seperti tauge, timun, terong bulat, kemangi, kacang panjang, dan kol.

Nasi Tutug Oncom

nasi tutug oncom makanan khas sunda
Image source: @rizky_1986

Makanan khas Sunda ini menjadi makanan yang wajib kamu cicipi saat bertandang ke daerah Jawa Barat. Nasi tutug oncom merupakan olahan nasi yang dicampur bersama oncom bakar atau oncom goreng yang ditumbuk. Oleh karena itu, hidangan ini memiliki cita rasa yang unik di setiap suapannya. Kamu pun bisa menyantap nasi ini dengan lauk pauk yang bervariasi, seperti ikan, ayam, sayuran, tahu, tempe, dsb. Jangan lupakan juga lalapan dan sambalnya agar nasi tutug oncom terasa  semakin lezat ya.

Lotek

salad khas indonesia ini disebut lotek
Image source: @erycoctaviano

Tidak jauh berbeda dengan karedok, lotek pun merupakan makanan khas Sunda yang berbahan dasar sayuran dan diberi campuran bumbu kacang. Bedanya, sayuran yang digunakan dalam lotek terlebih dahulu direbus. Dalam satu porsinya, kamu akan menemukan sayuran seperti tauge, kentang, kol, dan kangkung. Biasanya lotek enak disantap bersama lontong dan kerupuk.

Colenak

orang sunda senang menyantap colenak sebagai camilan
Image source: @anitajoyo

Kalau makanan khas Sunda yang satu ini bercita rasa manis. Terbuat dari tape singkong bakar yang diberi siraman kinca atau saus gula merah. Masyarakat Sunda biasanya menjadikan colenak sebagai camilan yang enak disantap kapanpun, khususnya sebagai kudapan sore hari sebagai teman minum teh.

Nasi Timbel

olahan nasi khas sunda
Image source: @camerakuliner

Satu lagi olahan nasi yang merupakan makanan khas Sunda, yaitu nasi timbel. Hidangan ini memiliki ciri khas melalui cara penyajiannya yang menggunakan daun pisang. Nasi dibungkus dengan daun pisang dan disajikan lengkap bersama lauk pauk, lalapan, dan sambal. Kalau kamu ingin mencicipi olahan nasi timbel khas masyarakat Sunda, tidak akan sulit kok untuk menemukannya di daerah Jawa Barat yang kamu kunjungi.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.