Kuliner

5 Makanan Khas Kediri yang Terkenal Lezat. Mau Coba?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia, makanan khas Kediri juga banyak yang lezat lho! Meskipun dikenal sebagai Kota Tahu, bukan berarti semua kuliner khas daerah ini berbahan dasar tahu. Ada banyak kok kuliner khas Kediri lain yang lezat dan tidak memulu berbahan dasar tahu. Apa saja kuliner tersebut? Berikut ini ada 5 makanan dari Kediri yang bisa kamu coba kalau sedang bertandang ke sana!

Getuk Pisang

salah satu makanan khas kediri
Image source: @anekabuah_id19

Ini nih salah satu makanan khas Kediri yang bukan berbahan dasar tahu. Sesuai namanya, getuk pisang ini berbahan dasar pisang dan dikenal sebagai street food-nya Kediri. Dari segi bentuknya yang memanjang dan dibungkus daun pisang pasti akan mengingatkanmu pada lontong. Tetapi, berbeda dengan lontong yang terasa asin, getuk pisang memiliki rasa yang legit, manis, dan juga asam.

Sate Bekicot

Image source: @zackyfuad875

Mungkin hidangan ini terdengar tak lazim, tapi di Kediri sana sate bekicot memang cukup terkenal dan bahkan dianggap sebagai salah satu makanan khas Kediri. Sate yang berbahan dasar daging bekicot ini biasanya mudah ditemukan di daerah Desa Djengkol, Kecamatan Plosoklaten. Selain dijadikan sate, bekicot juga bisa diolah sebagai keripik atau oseng-oseng. Nah, untuk merasakan sensasi kuliner yang tidak biasa, gak ada salahnya kan mencoba hidangan berbahan dasar bekicot di Kediri?

Sate Emprit

Image source: @jastipsue

Satu lagi olahan sate yang menjadi makanan khas Kediri, yaitu sate emprit. Sate emprit terbuat dari daging burung emprit. Biasanya, daging emprit akan diberi campuran gula merah, bawang putih, dan asam sebagai penyedap rasa sebelum dibakar.  Pokoknya, kalau kamu ke Kediri, jangan lupa juga untuk mencicipi sate yang unik ini ya!

Soto Kediri

Image source: @ocha_chupid

Beberapa daerah memiliki versi soto khas yang beragam, tak terkecuali Kediri. Soto dari Kediri sebenarnya lebih mirip seperti soto ayam, namun rasanya lebih terasa gurih karena kuahnya dicampur dengan santan. Oh ya, makanan khas Kediri ini juga akan semakin enak disantap saat musim hujan lho!

Nasi Goreng Arang

Image source: @gunkuarve

Makanan khas Kediri berikutnya adalah nasi goreng arang. Dinamakan demikian karena teknik memasaknya menggunakan bara arang. Selain itu, nasi goreng ini juga tidak menggunakan bahan penyedap dan diganti dengan bumbu rempah, garam, dan kecap. Untuk meningkatkan cita rasa, ditambahkan ayam kampung sebagai pelengkap hidangan ini.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.