Kuliner

5 Makanan dari Tahu yang Legendaris di Indonesia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Indonesia memiliki beragam makanan dari tahu yang lezat dan menggugah selera. Bahkan, beberapa di antaranya sangatlah legendaris di daerah asalnya dan memiliki asal-usul yang menarik untuk disimak. Kalau kamu pecinta olahan tahu dan penasaran selegendaris dan populer apa makanan tersebut, yuk simak ulasan berikut ini sampai akhir ya!

Tahu Gimbal

tahu gimbal makanan dari tahu khas semarang
Image source: @seputarsemarang

Berasal dari Kota Semarang, tahu gimbal terbuat dari tahu yang digoreng dan dihidangkan bersama udang goreng tepung, telur, dan potongan lontong. Semua bahan dimasukan dalam piring kemudian diberi kol mentah dan tauge sebagai pelengkap sebelum akhirnya disiram dengan bumbu kacang. Tidak sulit kan untuk membuat makanan dari tahu ini? Kalau di Semarang, satu porsi tahu gimbal dijual rata-rata seharga Rp. 13.000.

Tahu Jeletot

kuliner tahu dari bandung
Image source: @kualihelena

Tahu jeletot dikenal sebagai makanan dari tahu khas Bandung yang sempat hits dan digemari banyak orang. Sesuai dengan namanya, tahu ini memiliki rasa pedas yang akan memanjakan lidah para pecinta kuliner pedas. Cita rasa pedasnya berasal dari potongan cabai rawit merah yang melimpah. Cabai tersebut dimasak bersama tauge dan isian lain seperti daging ayam atau sapi. Setelah tahu diisi, kemudian dibalut dengan adonan tepung terigu lalu digoreng hingga renyah.

Tahu Sumedang

Image source: @taufiqhermansyah

Sesuai namanya, makanan dari tahu ini merupakan khas Kota Sumedang yang melegenda. Popularitasnya pun sudah sampai ke luar Sumedang lho! Proses pembuatannya pun terbilang sederhana dan masih menggunakan teknik tradisional. Pertama-tama, kacang kedelai direndam terlebih dahulu. Setelah itu, kacang digiling kemudian disaring. Proses terakhir yaitu penyaringan untuk mengendapkan patinya yang akan menjadi tahu dan digoreng hingga berwarna kecoklatan. Biasanya, penjual tahu Sumedang membungkus kuliner ini dengan bungkusan dari bambu yang dianyam atau bongsang. Satu bungkusan bisa memuat 10 sampai 25 tahu.

Tahu Tek

Image source: qraved.com

Kali ini makanan dari tahu yang legendaris berasal dari Surabaya. Tahu tek merupakan olahan tahu yang digoreng setengah matang dan dihidangkan bersama potongan lontong. Tidak lupa juga ada bahan pelengkap yang menambah kelezatan tahu tek, yaitu kentang goreng, irisan timun, dan tauge pendek. Setelah itu, hidangan ini disiram dengan bumbu khas Surabaya yang terbuat dari campuran kacang tanah goreng dan petis.

Tahu Gejrot

tahu gejrot camilan tradisional indonesia

Kalau makanan dari tahu yang satu ini pasti sudah sangat familiar kan? Berasal dari Cirebon, tahu gejrot dianggap sebagai salah satu hidangan tahu yang legendaris dan sudah ada sejak dulu. Cara penyajiannya pun sangatlah khas karena menggunakan cobek kecil. Yang menambah kesegaran dari kuliner ini adalah adanya ulekan cabai, bawang merah, dan bawang putih yang dicampur bersama air gula merah. Saat disantap bersama tahu goreng yang dipotong kecil-kecil, kuah gula merah itu akan menambah kelezatan dari kuliner legendaris ini.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.