Kuliner

5 Kuliner Khas Iran yang Menarik Untuk Dicoba

Pinterest LinkedIn Tumblr

Wilayah Timur Tengah memiliki banyak kuliner khas yang menggugah selera, salah satunya berbagai hidangan yang berasal dari Iran. Meskipun tengah dilanda konflik, tidak ada salahnya kan kita mengenal apa saja makanan yang populer di negara tersebut? Belum lagi makanannya terlihat sedap. Nah kalau kamu penasaran apa saja kuliner Iran yang menggugah selera tersebut, simak informasi ini ya!

Laboo

kuliner khas iran bernama laboo
Image source: Pinterest

Kuliner khas Iran ini berbahan dasar buah bit, sejenis sayuran berwarna merah dan berakar. Laboo selalu menjadi makanan favorit di kala musim dingin. Cara mengolahnya pun terbilang sederhana, bisa direbus atau dikukus sesuai selera. Hidangan ini mudah ditemukan jika kamu berkunjung ke daerah Tehran.

Jigar

Image source: dornatrip.com

Yang satu ini berupa sate dari Iran. Jigar terbuat dari hati atau jeroan hewan, bisa sapi, kambing, atau ayam, yang dipotong dan dicampur dengan bumbu khas dari Negeri Persia ini. Kalau kamu penikmat kuliner berbahan dasar hati atau jeroan, pasti deh tidak ingin ketinggalan mencicipi kuliner khas Iran ini. Oh ya, kamu bisa menyantapnya bersama roti hangat agar rasanya lebih nikmat dan mengenyangkan.

Chelow Kebab

Image source: @jollytour

Kebab bukan hanya kuliner khas dari Turki saja, ternyata Iran pun memiliki versi kebabnya tersendiri. Dikenal dengan nama chelow kebab, sebenarnya hidangan ini sangat berbeda dengan kebab Turki. Chelow kebab merupakan kuliner berbahan  nasi yang dihidangkan bersama daging panggang, bubuk sumac, bawang, tomat panggang, kemangi, dan mentega. Biasanya, masyarakat Iran menyantap hidangan ini sambil ditemani minuman khas yang dikenal dengan nama doogh. Minuman ini biasanya berbahan dasar yoghurt Iran atau air berkarbonasi.

Ash Resteh

Image source: @arezoucam

Kuliner khas Iran ini berupa sup yang memiliki isian mie dan berbagai macam kacang-kacangan serta sayuran herbal asal negara ini. Untuk menambah kesegaran sup ini, daun mint digunakan sebagai topping. Tidak ketinggalan ada bawang putih dan bawang merah goreng juga sebagai pelengkap. Ash resthe seringkali disantap saat musim dingin.

Zoolbia Bamieh

Image source: persian.food

Hidangan ini menjadi kuliner khas Iran yang disantap sebagai menu berbuka puasa. Bentuknya bulat dan berbahan dasar tepung yang dicampur bersama butter serta telur. Cara menyantap zoolbia bamieh adalah dengan mencelupkannya dalam sirup yang terbuat dari air mawar dan gula.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.