Kuliner

5 Kuliner Ini Wajib Disajikan Saat Hari Raya Nyepi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Seperti halnya perayaan hari besar agama lainnya, Hari Raya Nyepi memiliki kuliner khas yang wajib atau biasa disajikan. Dalam hari besar umat Hindu ini, makanan yang disajikan pun sangatlah beragam. Sebagai contoh, setidaknya ada lima kuliner yang disajikan saat perayaan Nyepi ini. Berikut ini ulasan selengkapnya:

Baca Juga:

Jaja Apem

jaja apem hidangan khas hari raya nyepi
Source: suarabinjai.com

Bila dilihat secara bahasa, jaja bermakna kue dalam Bahasa Lombok. Dengan kata lain jaja apem merupakan kue apem dan kuliner ini selalu disajikan saat Hari Raya Nyepi. Meskipun disebut sebagai kue apem, jaja apem memiliki ciri khas berbeda yakni tidak diberikan tambahan gula seperti di daerah lain. Tidak aneh rasa dari kue apem khas Bali ini tidak begitu manis. Tetapi rasanya tetaplah nikmat karena diberi taburan kelapa parut dan gula merah cair bila ingin menambah cita rasa manisnya.

Entil

entil disajikan saat hari raya nyepi
Source: instagram.com/dapuromabali

Kalian pasti sudah tak asing dengan ketupat yang selalu disajikan saat Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha. Nah, umat Hindu pun punya ketupat versi hari raya yang disebut entil. Berbeda dengan ketupat, entil dibungkus menggunakan daun talengdi atau nyelep dan proses pembuatannya pun lebih lama. Proses memasak yang lama dapat membuat entil lebih awet dan cita rasanya pun lebih nikmat. Ditambah aroma dari daun pembungkusnya yang kuat akan bikin siapapun ingin menyantapnya saat Hari Raya Nyepi.

Celorot

celorot
Source: instagram.com/dapurmenel

Berbahan dasar tepung beras dan gula merah, celorot memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang manis. Bungkus hidangan khas Hari Raya Nyepi ini menggunakan daun kelapa muda atau janur yang dibentuk kerucut. Oh ya, selain dikenal sebagai makanan khas Lombok dan Bali, celorot juga dapat ditemukan di daerah Jawa Tengah.

Pulung Nyepi

pulung nyepi
Source: m-kuta.com

Dilihat dari namanya saja sudah tentu hidangan ini merupakan hidangan wajib saat Hari Raya Nyepi. Pulung ini bisa dibilang mirip kolak biji salak, hanya saja tidak menggunakan gula merah dan kuah santan. Untuk bahan dasarnya sendiri menggunakan tepung beras dan tepung kanji. Jenis kue basah ini berasal dari Desa Sukasada di Kabupaten Buleleng.

Nasi Tepeng

nasi tepeng
Source: instagram.com/dapurkobe

Beralih ke hidangan berat, nasi tepeng dianggap sebagai salah satu kuliner khas Hari Raya Nyepi. Olahan berbahan nasi ini biasa disantap bersama sayuran seperti kacang merah, daun kelor, terong, kacang panjang, dan nangka muda. Sebagai pelengkap, taburan kelapa parut pun ikut ditambahkan. Dari segi penyajian, nasi tepeng biasanya dipincuk atau diberi alas daun pisang.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.