Kesehatan Kuliner

5 Kebiasaan Ngemil Ini Bisa Bantu Kamu Menurunkan Berat Badan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kamu punya keinginan untuk menurunkan berat badan? Banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk menjalankan program ini, salah satunya dengan ngemil. Lho, kok ngemil sih? Bukannya banyak ngemil malah bisa bikin gemuk ya? Sebenarnya kalau kamu menerapkan lima kebiasaan ngemil ini, kamu tak perlu takut gemuk lagi. Apa saja kebiasaan ngemil tersebut?  Berikut ini informasi selengkapnya!

Camilan Rendah Kalori

menurunkan berat badan dengan nyemil rendah kalori
Image source: @beautyandlifestyle_by_luz

Kalau kamu suka ngemil, pastikan camilan tersebut rendah kalori ya, khususnya kalau kamu berniat untuk menurunkan berat badan. Camilan yang kamu pilih pun sebaiknya memiliki asupan kalori tidak lebih dari 200 saja, seperti sayuran dan buah. Jadi, saat kamu ingin ngemil sebelum menyantap menu makan berat, kamu bisa mengonsumsi camilan rendah kalori terlebih dahulu agar berat badanmu tidak naik.

Ngemil Saat Lapar Saja

Image source: linisehat.com

Tidak jarang orang banyak ngemil saat emosi sedang naik atau mengisi kebosanan. Padahal, kebiasaan ini bisa bikin berat badan kamu naik lho! Oleh karena itu, sebaiknya ngemil di saat kamu sedang lapar saja atau belum sempat menyantap makanan berat. Camilan sendiri sebenarnya dapat membantu menjaga kestabilan gula darah, terlebih jika kebiasaan ini dilakukan jika kamu belum sempat menyantap makanan berat. Bila dilakukan terus menerus, turunkan berat badan bukan hal yang sulit untuk dilakukan.

Pilih yang Kaya Protein

Image source: @morvarid_rze

Selain berkalori rendah, camilan yang kamu pilih pun sebaiknya mengandung protein yang tinggi. Camilan kaya protein bisa kamu temukan dalam greek yoghurt. Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Missouri. Menurun studi tersebut, mengonsumsi camilan tinggi protein, khususnya di siang hari, bisa membantu menurunkan berat badan sekaligus mengendalikan nafsu makan.

Buat Jadi Per Porsi

Image source: epicurious.com

Agar kamu tidak ngemil berlebihan, sebaiknya buat camilan tersebut menjadi beberapa porsi. Caranya, masukkan camilan ke dalam beberapa wadah kecil. Dengan begitu, asupan camilan kamu pun akan lebih terkontrol. Kamu pun bisa membatasi jumlah asupan kalori setiap hari agar tidak berlebihan dan program menurunkan berat badan pun tidak akan terganggu.

Banyak Minum Air

Image source: phys.org

Menurut Eat This Not That, terkadang kita mengartikan rasa haus sebagai rasa lapar. Akibatnya kita mengonsumsi banyak kalori dari yang dibutuhkan tubuh. Padahal, jika dengan meminum air mineral atau air putih saja, keinginan untuk menyantap makanan berlebih bisa dihilangkan. Oleh karena itu, perbanyak minum air mineral atau air putih untuk memangkas asupan kalori. Setelah itu, baru deh kamu bisa ngemil sekaligus menurunkan berat badan.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.