Kuliner

5 Jenis Tahu Terlaris dan Terpopuler di Indonesia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Indonesia memiliki beragam jenis tahu yang populer di dunia kuliner. Keberadaan tahu di tanah air kita ini sebenarnya tidak lepas dari pengaruh kebudayaan Tiongkok dan Jepang yang kemudian dimodifikasi hingga sesuai dengan selera masyarakat lokal. Karena itu juga lah hampir tiap daerah memiliki beragam varian tahu yang digemari banyak orang. Belum lagi ada berbagai varian kuliner berbahan dasar tahu yang menggugah selera. Berbicara mengenai tahu, kira-kira di Indonesia ada varian tahu apa saja ya? Dan seberapa populer kah  jenis tersebut?

Tahu Sutera

jenis tahu sutera
Image source: wongcoco.com

Sesuai dengan namanya, jenis tahu yang satu ini memiliki tekstur yang lembut bila dibandingkan dengan tahu biasa. Tekstur tersebut dihasilkan dari penggunaan Glucono Delta lactone (GDL) dengan konsentrasi rendah. Karena itulah, tahu sutera memiliki tekstur lembut yang pas.

Tahu Pong

Image source: @sam_kuliner

Jenis tahu ini biasanya cukup sering digunakan dalam kuliner khas Semarang. Memiliki tekstur luar yang lebih kering dan menggelembung, sedangkan di bagian dalamnya terdapat rongga. Banyak yang menduga bahwa kuliner tahu pong di Semarang ini merupakan hasil pengaruh dari kebudayaan Tiongkok. Faktanya, tahu pong diadaptasi dari kuliner Jepang yang disebut abura age.

Tahu Kuning

Image source: @sovifooddiary

Kalau varian tahu ini pasti deh sudah sangat sering kalian lihat. Tahu kening merupakan jenis tahu yang memiliki tekstur padat dan kenyal serta memiliki pori-pori halus. Bila dibandingkan tahu lain, permukaan tahu kuning lebih keras.

Tahu Sumedang

Image source: @taufiqhermansyah

Satu lagi jenis tahu yang pastinya sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Adalah tahu sumedang yang memiliki tekstur cukup renyah dengan bagian dalam yang lembut. Proses pembuatannya pun terbilang unik karena menggunakan larutan biang dan cuka yang menjadi bahan penting dalam pembuatan tahu ini.

Tahu Putih

Image source: @berkahjaya_cintalanggeng

Jenis tahu putih sama populernya dengan tahu kuning. Kamu pasti akan sering melihatnya di pasar tradisional atau modern. Bahkan ketika kamu membeli bakso, biasanya tahu menjadi salah satu bahan penyerta. Tekstur tahu putih sama dengan tekstur tahu kuning, yaitu padat dengan pori-pori halus.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.