Kuliner

5 Jenis Pangsit Ini Bakal Bikin Kamu Ketagihan Deh!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pangsit atau dikenal juga dengan wonton sering dijadikan sebagai makanan pendamping mie ayam. Bisa juga digunakan dalam pembuatan batagor. Makanan ini pun bisa dijadikan camilan karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang lezat seperti keripik. Oh ya, negara lain pun punya jenis wonton yang tak kalah menggugah seleranya lho! Contohnya lima wonton dari negara-negara berikut:

Samosa

jenis pangsit dari India
Image source: @lucidpureveg

Ini merupakan pangsit khas India yang diolah dengan cara digoreng. Di negara tersebut, samosa dikenal sebagai street food yang sangat populer. Makanan ini biasanya berisi bawang bombai, kentang, dan kacang yang dimasak dengan bumbu kari khas India. Samosa juga disantap bersama saus chutney yang bercita rasa manis dan asam.

Xiaolong bao

xiaolong bao jenis pangsit dari tiongkok
Image source: @dumplinggang

Kalau kamu familiar dengan dimsum asal Tiongkok, dalam hidangan tersebut ada salah satu varian unik yang disebut dengan xiaolong bao. Makanan ini memiliki isian daging dan bawang yang dibungkus dengan kulit pangsit tipis. Ada satu keunikan dari hidangan ini, yaitu penggunaan kuah gelatin sebagai pendamping. Kuah gelatin tersebut dikukus bersama xiaolong bao dan setelah matang, gelatin yang tadinya bertekstur padat akan berubah menjadi cair.

Gyoza

Image source: @zuckerjagdwurst

Pangsit khas Jepang ini memiliki tekstur yang lembut pada bagian atas namun garing di bagian bawahnya. Tekstur ini dihasilkan dari proses memasaknya. Bagian bawah digoreng sebentar kemudian ditambahkan air. Nantinya gyoza tersebut akan direbus hingga air mengering. Oleh karena itu, saat menyantap gyoza, kamu akan merasakan tekstur yang garing sekaligus lembut dalam satu gigitan. Dari segi isian, gyoza biasanya diisi daging cincang, jahe, daun bawang, dan jahe.

Ravioli

Image source: @jesse_mingrone

Ravioli merupakan pangsit yang berasal dari Italia dan memiliki bentuk persegi dengan motif gerigi di setiap sudutnya. Biasanya ravioli memiliki isian daging cincang, bayam, atau keju. Cara pengolahannya direbus hingga matang dan dihidangkan bersama saus tomat khas Italia. Selain itu, ravioli juga memiliki isian manis yang terbuat dari labu panggang dan disantap bersama saus mentega.

Mandu

Image source: @gojuliey

Selain kimchi, Korea Selatan juga memiliki jenis pangsit yang dikenal dengan nama mandu. Isiannya meliputi kimchi, daging, atau udang yang dicampur bersama potongan bawang. Biasanya hidangan ini diolah dengan cara direbus dan disantap bersama saus yang terbuat dari bubuk cabai, biji wijen, dan kecap asin.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.