Kuliner

5 Fakta Unik Sushi yang Perlu Kamu Ketahui

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tahukah kamu bahwa sushi memiliki fakta unik yang menarik untuk ditelusuri? Pasalnya, makanan yang katarnya berasal dari Jepang ini juga populer di Indonesia, jadi rasanya akan lebih mantap lagi kalau kamu mengetahui hal-hal berbau sushi termasuk fakta yang ternyata jarang diketahui oleh banyak orang. Apa saja faktanya? Berikut ini informasi yang perlu kamu ketahui!

Bukan Berarti Ikan Mentah

Fakta Unik
Flickr @bissigbc

Fakta unik pertama yang perlu kamu ketahui ialah makna sebenarnya dari hidangan sushi. Banyak orang yang berasumsi bahwa sushi merupakan makanan yang berbahan dasar ikan mentah. Padahal hidangan ini memiliki makna lain, yaitu nasi matang yang dicampur dengan bumbu garam, cuka, dan gula serta diberi isian seafood dan sayuran. Jadi, jangan berpikir bahwa sushi hanya olahan yang berbahan dasar ikan mentah saja ya!

Berkalori Tinggi

Fakta Unik
Flickr @Evgen Turchin

Mungkin kamu berpikir kalau sushi memiliki kalori yang rendah karena porsinya yang kecil serta isiannya yang meliputi ikan segar atau sayuran. Bahkan tak jarang orang menganggap hidangan ini bisa dijadikan menu diet sehat. Fakta unik yang perlu kamu ketahui adalah sushi ternyata memiliki kalori yang tinggi tergantung dari isian yang digunakan. Misalnya, sushi dengan isian tempura udang, nasi, nori, dan sayuran memiliki sekitar 500 kalori. Berbeda dengan sushi yang hanya memiliki isian nasi, nori, dan alpukat dengan porsi kecil, kalorinya hanya sekitar 150.

Bukan Berasal dari Jepang

Fakta Unik
Flickr @Stefano Ravalli

Nah kalau fakta unik yang satu ini pasti akan membuatmu kaget. Banyak orang yang beranggapan bahwa Jepang merupakan negara pencetus sushi, padahal sebenarnya hidangan ini terinspirasi dari penjual  makanan di wilayah Sungai Mekong. Mereka menjual hidangan berupa fermentasi ikan yang dibungkus dengan nasi dan memiliki cita rasa asam. Hidangan tersebutlah yang menginspirasi pembuatan sushi.

Waktu Training yang Panjang

Fakta Unik
Flickr @Yumiko Sato

Untuk menjadi chef sushi profesional, dibutuhkan waktu training yang tidak sebentar. Fakta uniknya, kamu memerlukan waktu paling tidak lima tahun untuk dilatih menjadi chef sushi. Kamu pun akan diawasi oleh seorang master sushi chef selama masa training atau pelatihan.

Jangan Gunakan Sumpit

Fakta Unik
Flickr @Phreddie

Fakta unik yang terakhir ialah cara memakan sushi. Banyak orang yang masih beranggapan bahwa memakan sushi harus menggunakan sumpit. Padahal, di Jepang sendiri masyarakatnya menyantap sushi tanpa menggunakan alat makan apapun. Mereka langsung mengambilnya dengan tangan untuk merasakan tekstur dan kualitas bahan yang digunakan. Mereka juga percaya bahwa kualitas ikan segar  bisa dirasakan secara langsung melalui sentuhan jari.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.