Destinasi Jawa Seni dan Budaya

5 Destinasi Untuk Kamu Yang Ingin Wisata Religi di Semarang

Pinterest LinkedIn Tumblr

Wisata religi merupakan salah satu cara yang menarik untuk mengisi waktu liburan. Kita dapat mengunjungi berbagai tempat keagamaan untuk mengenal kebudayaan atau sekadar menikmati keindahan arsitektur rumah ibadah. Semarang adalah salah satu kota yang sangat cocok untuk wisata religi.

Ada banyak tempat keagamaan di Semarang yang memiliki nilai sejarah dan keindahan arsitektur yang sangat bernilai. Lima di antaranya terangkum dalam ulasan berikut ini.

Masjid Agung Jawa Tengah

Wisata Religi Semarang
Wisata religi ke Masjid Agung Jawa Tengah | Image credit: instagram.com/jouprls_

Berdiri di lahan seluas 10 hektar, Masjid Agung Jawa Tengah tentunya menjadi salah satu destinasi wisata religi yang tak boleh dilewatkan. Arsitektur masjid ini mengadaptasi gaya Jawa dan Romawi. Bagian atap bangunannya terbentuk atap limas dan kubah berdiameter 20 meter.

Pada bagian serambi masjid, terdapat pilar khas Romawi yang mengingatkan kita pada pilar Colosseum di Roma. Pilar-pilar ini dihiasi dengan kaligrafi Arab yang sangat menawan.

Masih di area serambi, terdapat enam buah payung yang terinspirasi dari Masjid Nabawi. Tinggi payung ini mencapai 20 meter, dengan diatemer payung sepanjang 14 meter.

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk
Wisata religi ke Gereja Blenduk Semarang | Image credit: Fazlur Rahman (flickr,com)

Berlokasi di Kawasan Kota Lama Semarang, Gereja Blenduk menjadi salah satu bangunan yang ikonik di kota ini. Ciri khas bangunannya terletak pada bagian kubah gereja yang berbentuk seperti irisan bola.

Gereja dengan nama asli GPIB Immanuel Semarang ini dibangun sejak tahun 1753. Bentuk bangunan yang saat ini masih bertahan merupakan hasil renovasi sejak tahun 1894. Tepat di samping gereja ini, terdapat Taman Sri Gunting yang asri.

Baca juga 6 Bangunan Ikonik di Kota Lama Semarang

Klenteng Sam Poo Kong

Wisata Religi Semarang
Wisata religi ke Klenteng Sam Poo Kong Semarang | Image credit: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Klenteng Gedung Batu atau lebih populer dengan nama Klenteng Sam Poo Kong, adalah destinasi wisata religi di Semarang yang wajib untuk dikunjungi. Bangunan klenteng ini terletak di Jalan Simongan No. 129. Keindahan arsitektur klenteng ini menjadi magnet bagi para wisatawan yang berkunjung ke Semarang.

Klenteng ini tidak pernah terlepas dari sosok Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah Muslim asal Tiongkok. Di sini terdapat Goa Batu dihiasi relief yang mengisahkan perjalanan pelayaran Laksamana Cheng Ho.

Selain relief, ada pula artefak lain yang berkaitan dengan Sang Laksamana, seperti jangkar asli dari kapal, makam juru mudi kapal, dan tempat penyimpanan bahan makanannya.

Vihara Buddhagaya Watugong

Wisata Religi Semarang
Vihara Buddhagaya Watugong Semarang | Image credit: instagram.com/ukhmayaa.ds

Di daerah Pudakpayung, Semarang, terdapat sebuah vihara yang memiliki bangunan pagoda setinggi 45 meter. Vihara ini dikenal dengan nama Vihara Buddhagaya Watugong. Bangunan pagoda yang terdapat di vihara ini merupakan pagoda tertinggi di Indonesia.

Arsitektur khas Tionghoa sangat kental pada vihara ini. Di sekitar pagoda, terdapat beberapa patung Dewi Kwan Im. Begitu masuk ke bagian dalam pagoda, kita akan melihat sebuah patung Buddha berwarna emas dengan ukuran besar.

Makam Ki Ageng Pandanaran

Wisata Religi Semarang
Pintu masuk makam Ki Ageng Pandanaran | Image credit: instagram.com/rosaputrie

Lengkapi daftar wisata sejarah di Semarang dengan berziarah ke Makam Ki Aegng Pandanaran. Makam ini berada di Jalan Mugas No. 6. Ki Ageng Pandan Arang (atau Pandanaran I) adalah bupati pertama Semarang.

Jika datang ke makam ini, kita aka melihat berbagai benda menghiasi dinding bangunan. Di antaranya ada silsilah keluar, lukisan, dan benda-benda pusaka. Ketokohan Ki Ageng Pandan Arang sangat melekat bagi masyarakat Semarang. Maka tak heran jika makamnya selalu ramai didatangi orang-orang yang hendak berziarah.

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.