Internasional Seni

5 Bangunan Karya Antoni Gaudi di Barcelona yang Memukau

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sebagai kota besar di Spanyol, Barcelona memiliki deretan bangunan dengan berbagai gaya arsitektur. Salah satu arsitek yang paling berpengaruh di kota ini adalah Antoni Gaudi. Ia lahir pada 25 Juni 1852 dan menghasilkan banyak karya arsitektur unik bergaya Modernisme Catalunya yang tidak biasa pada masanya. Sebagian besar karya Antoni Gaudi masih dapat kita nikmati di berbagai sudut di kota Barcelona. Lima di antaranya terangkum dalam ulasan Holamigo berikut ini.

Casa Milà

Casa Mila
Image credit: Leonid Dumitrash (flickr.com)

Casa Milà berada di persimpangan Passeig de Gràcia. Ciri khas bangunan ini ada pada bentuknya yang bergelombang dengan barisan jendela dan balkon. Material yang digunakan untuk bagian muka bangunan ini terbuat dari batu dan besi tempa.

Bangunan ini merupakan karya komisi Antoni Gaudi pada tahun 1906 dari Pere Milà dan istrinya yang bernama Roser Segimon. Di tahun 1984, Casa Milà ditetapkan sebagai World Heritage Site oleh UNESCO.

Casa Vicens

Casa Vicens
Image credit: Kent Wang (flickr.com)

Casa Vicens terletak di distrik Gràcia, tepatnya di Carrer de les Carolines. Bangunan ini merupakan bangunan bergaya art nouveau pertama yang dirancang oleh Antoni Gaudi. Seperti pada bangunan lainnya, Gaudi memadukan berbagai jenis material seperti besi, kaca, keramik, dan beton.

Casa Vicens merupakan karya komisi dari Manuel Vicens I Montaner pada tahun 1883. Ciri khas Casa Vicens terletak pada susunan warna merah, hijau, dan putih pada bagian luarnya. Beberapa menara dengan gaya yang unik pun menjadi landmark untuk sudut jalan ini.

Palau Güell

Palau Guell
Image credit: Herve le Garrec (flickr.com)

Antoni Gaudi banyak menerima pekerjaan dari Eusebi Güell, seorang patron kaya raya di akhir abad ke-19. Park Güell dan Palau Güell adalah dua karya Gaudi yang khusus dibuat untuk keluarga Güell. Palau Güell masih berdiri megah di Carrer Nou de la Rambla.

Dua pintu berbentuk lengkungan dengan material besi akan menyambut kita di bagian depan bangunan ini. Ornamen gaya gotik yang sangat detil menghiasi sejumlah sudut bangunannya. Bagian interior Palau Güell pun tak kalah memukau dengan bantuan cahaya alami dari barisan jendela dan lubang-lubang cahaya di bagian atapnya.

Colonia Güell

Colonia Guell
Image credit: Carlos Pujol (flickr.com)

Bak sebuah kastil abad pertengahan, Colonia Güell dibangun sejak tahun 1890. Bangunan ini dibuat sebagai tempat ibadah bagi masyarakat yang tinggal di kawasan sub urban dekat Barcelona. Sebagian besar material yang digunakan pada bangunan ini adalah batu basalt dan susunan mozaik kaca patri.

Pada bagian pintu masuk Colonia Güell, terdapat sebuah kanopi berbentuk geometris yang tampak asimetris. Tak ketinggalan detail jendelanya yang bergaya gotik melengkapi bangunan ini. Sayangnya, ketika keluarga Güell mengalami kemerosotan dalam bisnisnya, proses pembangunan Colonia Güell dihentikan.

Sagrada Familia

Sagrada Familia
Image credit: Matthias Hertwig (flickr.com)

Inilah karya Antonia Gaudi yang paling monumental di tengah kota Barcelona, Basilika Sagrada Familia. Sebuah gereja Katolik Roma dengan ukuran gigantic yang pembangunannya berjalan dari tahun 1882 hingga kini. Antoni Gaudi mendedikasikan sebagian besar masa akhir hidupnya untuk pembangunan Sagrada Familia.

Tampak bagian menara-menara bergaya gotik mencuat dengan gagah. Gaudi menggabungkan gaya arsitektur art nouveau dengan gotik untuk keseluruhan bangunan Sagrada Familia. Pembangunan gereja ini dikembangkan secara perlahan dengan mengandalkan dana sumbangan dari berbagai pihak. Rencananya bangunan ini akan diselesaikan pada tahun 2026 dan akan diresmikan tepat pada peringatan 100 tahun kematian Antoni Gaudi.

Baca juga Mengintip The Rose Windows, Kaca Patri Nan Menawan di Katedral Chartres, Prancis

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.