Kuliner

5 Aneka Bubur Khas Berbagai Negara. Mau Coba?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bukan hanya Indonesia yang memiliki aneka bubur khas yang menggugah selera. Negara lain pun memiliki berbagai macam jenis bubur yang tak kalah enaknya. Oh ya, bubur sendiri biasanya disajikan sebagai hidangan sarapan, khususnya di Indonesia. Yang paling terkenal adalah bubur ayam dengan varian topping, seperti cakwe, suwiran ayam, ati, dll, yang menambah kelezatan hidangan tersebut. Lantas bagaimana penampakan bubur dari negara lain? Ini dia informasinya!

Hobak Juk, Korea

jenis bubur dari korea
Image source: @easy_busy_kitchen

Aneka bubur pertama yang akan kita bahas berasal dari Korea. Hobak juk terbuat dari labu kuning yang dicampur dengan kue beras, kedelai, dan kacang merah. Semua bahan dihancurkan hingga halus. Perpaduan bahan tersebut tentunya akan menjadikan bubur ini kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan tubuh. Tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah?

Upma, India

Image source: @thenupurgarg

Bukan hanya Indonesia dan Korea yang memiliki aneka bubur lezat, tapi India juga tidak ketinggalan dengan upma. Bubur ini berbahan dasar tepung semolina yang dicampur dengan rempah seperti bubuk jintan, daun kari, biji moster, kacang, cabai hijau, bawang, dan tentu saja garam untuk meningkatkan cita rasa. Sebagai pelengkap, bahan tambahan seperti seledri dan tomat segar digunakan sebagai topping.

Ochazuke, Jepang

Image source: tsunagujapan.com

Bubur khas Jepang ini memiliki bahan dasar beras putih atau nasi seperti bubur ayam khas Indonesia. Bedanya, ochazuke menggunakan bahan-bahan khas Negeri Sakura, yaitu wasabi, nori,dan umeboshi. Uniknya lagi, aneka bubur ini disiram dengan kuah teh hijau. Biasanya orang Jepang menyantap bubur ini sebagai kudapan atau camilan sebelum menyantap hidangan utama.

Polenta, Italia

Image source: seriouseats.com

Aneka bubur berikutnya berasal dari Italia dan dikenal dengan nama polenta. Bubur ini terbuat dari tepung jagung yang dicampur dengan air dan dimasak hingga lembut. Untuk menambah cita rasa, ditambahkan juga bahan lain seperti keju, ikan, atau ayam panggang. Karena berbahan dasar tepung jagung, polenta cocok dijadikan menu sarapan yang akan membuatmu kenyang lebih lama. Pilihan topping yang sehat dan bernutrisi tentunya menjadikan bubur ini kaya akan gizi yang baik untuk tubuh.

Champurrado, Meksiko

Image source: seriouseats.com

Berbeda dengan aneka  bubur sebelumnya yang bercita rasa asin atau gurih, bubur asal Meksiko ini memiliki rasa yang manis. Dikenal dengan nama champurrado, bubur ini berbahan dasar tepung jagung yang dicampur dengan air, cokelat, gula, susu, dan kayu manis. Di negara asalnya, champurrado dijadikan sebagai menu sarapan yang tentunya lezat dan menggugah selera, bukan?

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.