Destinasi Indonesia

4 Tempat Wisata di Indonesia yang Masuk Nominasi API 2019

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tempat wisata di Indonesia terkenal akan keberagamannya. Bermacam jenis wisata, dari wisata kuliner, belanja, religi, alam juga bahari ada di Indonesia. Beberapa tempat berikut ini masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2019 dalam kategori Wisata Air Terpopuler. Penasaran? Simak ulasannya, ya.

Sungai Kalisuci

wisata air
Image Source @universe_tavindotour

Daerah Gunung Kidul sudah terkenal memiliki pantai-pantai yang indah. Ternyata bukan hanya pantainya yang indah, sungainya pun tak kalah menariknya. Salah satu sungai yang masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2019 kategori wisata air terpopuler bernama Kalisuci. Dari hulu sungai ini, air terus mengalir melewati celah-celah batuan gua karst. Air dari Sungai Kalisuci bermuara di Pantai Baron, Gunung Kidul.

Penduduk setempat memanfaatkan objek wisata air ini sebagai tempat untuk wisata ecotourism cave tubing. Kini salah satu tempat wisata di Indonesia ini sudah terkenal dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang tertarik untuk melakukan cave tubing.

Sungai Cikadongdong

tempat wisata di Indonesia
Image Source @endanghartati19

Lokasi ekowisata lainnya juga masuk dalam Anugerah Pesona Indonesia 2019 adalah Sungai Cikadongdong di Majalengka. Wisata air ini dikembangkan oleh para anak muda di Desa Payung. Mereka menjadikan sungai ini sebagai destinasi wisata berupa River Tubing. Sungi Cikadondong memiliki air yang jernih, arus yang tidak begitu deras dan lokasi jeram yang dijadikan wahana wisata baru oleh para pemuda di Desa Payung. Jarak dari Desa Cipayung menuju garis start untuk River Tubing hanya 5 menit saja.

Jika tertarik untuk mencoba wisata air berupa River Tubing di Sungai Cikadondong, kamu cukup menyediakan uang sebesar Rp 200.000 untuk tarif di weekday dan Rp250.000 untuk weekend. Tarif tersebut sudah termasuk life guard, HTM, teh manis, alat pelindung diri dan sewa ban.

Sungai Arus Ketahun

wisata air
Image Source @renal_arus_ketahun

Bengkulu sebagai tempat wisata di Indonesia memiliki objek wisata yang juga masuk dalam API 2019 untuk kategori wisata air terpopuler. Objek wisata yang menantang adrenalin ini bernama Sungai Arus Ketahun yang berada di Kabupaten Lebong. Nah, di sungai ini kamu bisa mencoba arung jeram atau rafting. Asyiknya, sepanjang rute rafting dan arung jeram, kamu bisa menikmati panorama alam yang indah. Spot yang menarik di sungai ini yaitu Nangai Silai yang digadang-gadang sebagai Grand Canyon-nya Lebong juga lintasan gua. Di kedua tempat ini banyak pengunjung yang berfoto-foto atau selfie.

 Pantai Tanjung Setia

Image Source @aditya_prayuda95

Terletak di sepanjang pantai barat Lampung yang terpencil, Pantai Tanjung Setia berada di luar Taman Nasional Bukit Barisan. Pantai yang berupa surga tersembunyi ini merupakan salah satu tempat berselancar yang terbaik menurut versi para peselancar dunia. Letaknya kira-kira 273 km dari ibu kota Provinsi Bandar Lampung. Menurut mereka pantai ini setara dengan Hawaii yang dikenal sebagai tempat selancar yang populer di dunia. Meskipun sudah terkenal, Pantai Tanjung Setia yang menjadi tempat wisata di Indonesia ini belum seterkenal Bali atau Lombok. Juni Agustus merupakan musim untuk berselancar di sini.

Baca juga Provinsi Bengkulu dan Wisata Danaunya yang Indah

Wisata air di Indonesia tak hanya di Bali dan Lombok, Lampung pun memiliki spot yang menarik untuk surfing dan olah raga air lainnya. Yuk, kita main ke Lampung.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.