Kuliner

4 Olahan Susu dari Berbagai Negara yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tahukah kamu bahwa terdapat berbagai olahan susu khas berbagai negara yang lezat dan pastinya menggugah selera? Susu dikenal sebagai salah satu minuman yang baik untuk kesehatan tubuh. Rasanya yang lezat membuat banyak orang menyukai minuman ini. Bahkan, tak jarang orang mengonsumsi susu dalam program diet atau saat ingin menurunkan berat badan. Jadi tentu saja olahan berbahan dasar susu akan sangat menggugah selera, bukan?  Lantas apa saja nih olahan dari minuman ini dan dari mana asalnya? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Dulce de Leche, Spanyol

Image source: elmundoeats.com

Dalam Bahasa Spanyol, dulce de leche berarti gula-gula susu. Kalau kamu pecinta kuliner manis, pasti deh kamu akan suka olahan susu ini. Teksturnya seperti saus karamel dan kerap kali dijadikan sebagai campuran membuat cake atau kue. Dulce de leche juga bisa digunakan sebagai selai roti.  Proses pembuatannya bisa dengan cara direbus atau dipanggang. Untuk proses memasak dengan cara direbus, kamu hanya perlu merebus satu kaleng susu kental manis dalam api kecil hingga teksturnya sedikit encer.

Selain direbus, membuat olahan susu ini bisa juga dengan cara dipanggang. Tuangkan susu kental manis dalam wadah tahan panas lalu tutup dengan alumunium foil dan rendam dalam wadah berisi air. Setelah itu panggang selama 90 menit, tapi pastikan air dalam wadah tersebut tidak habis saat proses pemanggangan, jadi tambahkan air setidaknya setiap 30 menit.

Clotted Cream, Inggris

olahan susu
Image source: Pinterest

Clotted cream merupakan olahan susu asal Inggris yang terbuat dari susu sapi full cream. Proses mengolahnya pun dengan cara diuapkan kemudian didinginkan secara perlahan hingga kandungan krim dalam susu naik ke permukaan dan membentuk gumpalan. Clotted cream memiliki warna kuning keemasan dan biasanya disajikan bersama stroberi atau selai stroberi sebagai topping.

Tablet, Skotlandia

Image source: bakingwithgranny.co.uk

Kalau kamu berkunjung ke Skotlandia, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi olahan susu yang bernama tablet ini. Tablet terbuat dari campuran susu kental manis, mentega, dan gula yang dimasak hingga mengkristal. Tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah?

Barfi, India

Image source: Pinterest

Barfi merupakan olahan susu berupa permen dengan beragam rasa, salah satunya kaaju barfi atau permen susu kacang mete. Olahan ini terbuat dari gula dan susu yang dimasak hingga mengeras. Biasanya, barfi juga ditambahkan bahan lain seperti kelapa, kacang-kacangan, buah-buahan, kapulaga, air mawar, dan rempah-rempah.  Barfi biasanya disajikan dalam potongan kecil dan menjadi camilan anak-anak India karena rasanya yang manis.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.