Kuliner

4 Negara Ini Punya Hidangan Bakso Juga Lho!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tahukah kamu bahwa hidangan bakso tidak hanya dimiliki oleh negara kita saja? Selain Indonesia, negara lain juga punya lho kuliner bakso yang tak kalah menggugah seleranya. Bakso, atau dikenal juga dengan sebutan bola-bola daging, menjadi salah satu menu favorit masyarakat Indonesia. Malah, makanan ini akan semakin nikmat jika disantap saat cuaca dingin. Varian bakso khas Indonesia pun sangatlah beragam dengan bentuk yang unik. Lalu bagaimana dengan negara lain? Nah empat negara ini ternyata memiliki hidangan mirip bakso khas nusantara. Apa saja negara itu dan apa nama hidangannya?

Bo Vien, Vietnam

hidangan bakso khas vietnam
Image source: @helenrecipes

Dikenal dengan nama bo vien, hidangan bakso khas Vietnam ini memang mirip dengan bakso versi Indonesia, ya? Bo vien juga disajikan bersama kuah kaldo khas Vietnam. Hanya saja yang membedakan bo vien dengan bakso Indonesia adalah dari bahan penyerta. Bakso khas Vietnam ini biasanya dicampur dengan beragam sayuran seperti tauge dan juga bawang bombay. Kalau kamu penyuka pedas, campurkan saja sambal agar cita rasanya semakin nikmat.

Gogi Wanja Jorim, Korea Selatan

kuliner bakso khas korea selatan
Image source: @chef_menagias

Hidangan bakso atau bola-bola daging kali ini datang dari Korea Selatan. Gogi wanja jorim merupakan olahan bakso yang dicampur dengan bumbu khas Korea. Oh ya, ternyata olahan ini termasuk dalam kategori makanan mewah dan sering disajikan sebagai hidangan kerajaan di negara tersebut. Dari segi rasa, gogi wanja jorim didominasi oleh rasa pedas dan manis. Biasanya, masyarakat lokal menyantapnya sebagai lauk pendamping nasi.

Albondigas, Spanyol

bakso khas spanyol
Image source: @proveg.es

Kalau hidangan bakso khas Spanyol ini disajikan bukan bersama kuah kaldu, melainkan kuah saus cabai dan tomat atau almond. Ukuran baksonya pun sedang, tidak seperti bakso Indonesia yang memiliki ukuran beragam. Soal isian, albondigas berisi telur yang nantinya akan lumer ketika dibelah. Bakso  ini akan semakin nikmat disantap bersama pangsit panjang khas Spanyol.

Tsukune, Jepang

Image source: @mikasa_valle1

Kalau hidangan bakso ini lebih mirip seperti bakso bakar ya? Cara pengolahan tsukune sendiri adalah dengan cara dipanggang bersama perpaduan bumbu seperti minyak wijen dan kecap. Bumbu tersebutlah yang membuat cita rasa bakso asal Jepang ini menjadi semakin lezat. Setelah matang, biasanya tsukune akan diberi taburan daun bawang.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.