Kesehatan Kuliner

4 Minuman Berkhasiat yang Dapat Menyehatkan Tubuh Kamu

Pinterest LinkedIn Tumblr

Minuman berkhasiat ternyata penting untuk dikonsumsi, khususnya dalam keadaan cuaca yang tidak menentu seperti di Indonesia. Cuaca seperti ini bisa saja membuat tubuh kamu kurang fit sehingga mudah terpapar virus. Oleh karena itu, minuman berikut ini dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh kamu. Apa saja minuman tersebut?

Sarabba

Image source: @amrii_g2

Kamu pernah mendengar tentang minuman berkhasiat satu ini? Sebenarnya masih belum ada literatur yang menjelaskan dari mana sarabba berasal, tapi minuman ini populer dan digemari oleh masyarakat Kampung Bugis di Makassar, Sulawesi Selatan. Sarabba tidak hanya tersedia di warung saja, tapi pihak hotel pun sudah menyertakan minuman ini dalam menunya. Banyak yang mengatakan kalau sarabba cocok dikonsumsi saat musim penghujan karena memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh, memulihkan stamina, dan mencegah penyakit flu. Sarabba sendiri terbuat dari campuran jahe, kuning telur, santan, gula aren, dan merica bubuk. Susu kental manis juga bisa ditambahkan untuk meningkatkan cita rasa.

Bir Pletok

Image source: @faridayunus

Sejarah bir pletok dimulai sejak zaman penjajahan Belanda. Berawal dari keinginan etnis Betawi yang tertarik mengikuti kebiasaan orang-orang Belanda yang hobi minum bir. Karena mayoritas beragama Islam, mereka menciptakan bir halal yang terbuat dari rempah-rempah seperti serai, jahe, dan kayu secang sebagai pewarna merah alami. Peneliti budaya Betawi, JJ Rizal, mengungkap bahwa kata ‘pletok’ berasal dari efek bunyi yang dikeluarkan saat tutup wine dibuka. Dari segi kesehatan, minuman berkhasiat ini dapat membantu memperlancar sistem pencernaan, menghangatkan tubuh, dan meredakan migraine.

Wedang Uwuh

Image source: @suruvutaleuh

Kata uwuh berarti sampah karena bahan dedaunan yang digunakan untuk membuat minuman berkhasiat ini dimasukan secara bersamaan, seolah-olah menyerupai sampah. Bahan yang digunakan yaitu jahe, kayu manis dan daunnya, kayu secang, pala dan daunnya, kapulaga, daun sereh, dan gula batu. Minuman berkhasiat ini berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol serta mengobati masuk angin.

Wedang uwuh pertama kali dikenal di daerah Imogiri, Bantul, Yogryakarta. Menurut masyarakat lokal, wedang uwuh tercipta secara tidak sengaja. Saat itu Sultan Agung berkunjung ke daerah Imogiri dan bersemedi di sana. Wedang jahe yang disiapkan pengawal untuk sang sultan setelah selesai bersemedi tiba-tiba tercampur oleh bahan-bahan lain yang terbawa angin. Meskipun begitu, sang sultan tetap meminumnya dan mendapati rasa wedang tersebut lebih enak dari biasanya. Dari sinilah muncul wedang uwuh yang hingga kini masih dikonsumsi oleh masyarakat Yogyakarta.

Bandrek

Image source: @albarokahbandrek

Minuman berkhasiat ini berasal dari Jawa Barat, tepatnya dipopulerkan oleh Suku Sunda. Bandrek sudah ada sejak zaman Belanda dan memiliki arti minuman hangat yang terbuat dari jahe. Sayangnya popularitas bandrek sudah menurun karena tergantikan oleh minuman yang lebih modern seperti kopi. Orang Sunda mempercayai bahwa minuman ini mampu mengobati rematik, mencegah penyakit kanker, dan mencegah jerawat. Bahan utama minuman ini adalah jahe yang dicampur dengan gula merah, daun pandan, serai, dan telur ayam. Sementara itu, banyak yang menganggap bahwa bandrek merupakan versi upgrade dari bajigur karena rempah-rempah yang digunakan lebih banyak daripada bajigur.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.