Kuliner

4 Makanan Berkuah Alias Sup Paling Populer di Indonesia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Makanan berkuah atau bisa disebut juga sebagai sup ternyata cukup populer di Indonesia. Bahkan hampir tiap-tiap wilayah memiliki ciri khas sup tersendiri. Makanan jenis ini pun akan semakin populer ketika musim hujan. Nah kira-kira apa saja jenis sup paling populer di Indonesia? Berikut ini ulasannya!

Sup Konro

makanan berkuah khas  makassar
Image source: @resepmasakanemakemak

Makanan berkuah yang satu ini berasal dari daerah Makassar, tepatnya dipopulerkan oleh masyarakat Bugis. Sup kontro sudah terkenal kelezatannya hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Dalam satu porsi sup kontro biasanya berisi iga sapi yang disiram dengan kuah kaldu berbumbu khas Makassar. Biasanya sup ini dijadikan lauk pelengkap untuk nasi putih.

Sup Kaki Kambing

Image source: @myselfmycakes

Makanan ini rasanya akan semakin nikmat jika disantap saat cuaca dingin. Sup kaki kambing mudah ditemukan di Jakarta dan wilayah sekitar Jawa lainnya. Meskipun dikenal dengan aromanya yang menusuk, pengolahan yang benar akan membuat aroma kambing tidak tercium sama sekali. Orang biasa menyantap makanan berkuah ini dengan menyesap sum-sum dari sela tulang. Cara menyantap seperti itu pasti deh akan bikin ketagihan dan membuat kamu makan lebih lahap. Untuk menetralisir rasa kambing yang kuat, orang akan memakan acar mentimun dan wortel.

Sup Kepala Kakap

Image source: @annisaazzahra.02

Masyarakat bagian timur Indonesia seperti Padang biasanya senang mengolah kepala kakap menjadi hidangan yang menggoda, salah satunya sup kepala kakap. Jenis makanan berkuah ini berbahan dasar kepala ikan kakap merah yang memiliki tekstur lebih kenyal dan daging lebih banyak dibanding jenis ikan lain. Membuat bumbunya pun terbilang mudah, hanya tinggal mencampur daun kemangi, cabai rawit, dan serai saja.

Soto

makanan khas indonesia yang diangkat di film aruna & lidahnya
Image source: @waroeng_kuproyrasunagarden

Kalau makanan berkuah yang satu ini pasti deh kalian sudah sangat familiar. Tiap daerah pun memiliki ciri khas soto yang akan memanjakan lidah para pecinta kuliner. Salah satu contoh soto yang paling populer adalah soto Padang, soto Surabaya, soto Madura, dan soto Betawi.  Biasanya yang membedakan cita rasanya terdapat dari kuah kaldu, ada yang menggunakan santan atau berwarna bening tanpa santan.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.