Kuliner

4 Hidangan Hari Raya Natal Khas Indonesia. Mana Favoritmu?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bukan hanya negara-negara barat saja yang memiliki hidangan Hari Raya Natal, Indonesia juga punya lho hidangan khusus untuk perayaan ini! Ingin tahu apa saja hidangan tersebut? Simak terus ya informasi di bawah ini! Siapa tahu ada hidangan yang menjadi favoritmu atau bisa juga kamu terinspirasi untuk menyajikan hidangan ini saat Natal nanti:

Kue Poporcis

hidangan hari raya natal di ambon
Image source: @amadine_tourtravel

Bukan hanya hidangan berat saja yang disajikan saat perayaan Natal, kue pun sering kali disertakan sebagai kudapan di hari tersebut. Salah satu kue yang disajikan saat hari besar ini ialah kue poporcis. Kue poporcis mirip seperti pancake mini dan biasa disajikan oleh masyarakat Ambon, Maluku, sebagai hidangan Hari Raya Natal. Mereka menyantap kue ini sebagai menu sarapan pagi. Kue yang  juga disebut poffertjes ini terbuat dari labu kuning yang dicampur terigu.

Ayam Rica-Rica

olahan ayam khas manado
Image source: @kulinersedaaap

Ayam rica-rica merupakan hidangan Hari Raya Natal khas Manado, Sulawesi Utara. Makanan yang populer di seantero Indonesia ini kerap kali tersaji di meja makan sebagai hidangan masyarakat lokal, khususnya bila mereka merayakan hari Natal. Ayam rica-rica disajikan dengan nasi yang ditaburi bawang goreng di atasnya. Makanan ini pun dikenal sebagai salah satu makanan pedas khas Indonesia.

Ayam Budu-budu

Image source: itubaruinfo.blogspot.com

Satu lagi olahan ayam yang dijadikan sebagai hidangan Hari Raya Natal di Indonesia. Berasal dari Kota Makassar, ayam budu-budu dimasak dengan campuran rempah-rempah khas Indonesia bersama dengan air asam Jawa, jeruk nipis, dan bawang daun. Akan lebih nikmat lagi jika hidangan ini disantap bersama dengan nasi hangat.

Bagea

Image source: @isikulkas.yuk

Kue lain yang pas disajikan sebagai hidangan Hari Raya Natal ialah kue asal Nusa Tenggara Timur. Dikenal dengan sebutan bagea, kue ini memiliki bentuk yang bulat dan berwarna coklat. Bahan dasarnya yaitu sagu yang dicampur dengan tepung terigu, biji cintang, gula halus, dan minyak sayur. Setelah matang, bagae akan ditaburi kayu manis, kacang cintang, dan bubuk cengkeh. Selain disajikan sebagai hidangan Natal, bagea juga nikmat dijadikan teman minum kopi atau teh.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.