Destinasi Event Indonesia Informasi Jawa Seni Seni dan Budaya

4 Event Tahunan Seni Rupa yang Wajib Kamu Hadiri

Pinterest LinkedIn Tumblr

Indonesia merupakan salah satu negara dengan sedang mengalami pertumbuhan seni rupa kontemporer. Hal ini ditandai dengan berbagai events kesenirupaan yang digelar sebagai ajang publikasi karya-karya seniman di masa kini. Jika kamu penikmat seni, jangan sampai ketinggalan acara-acara tersebut. Beragam program mulai dari pameran, diskusi, dan lokakarya seni rupa dapat mengisi waktu liburan dan mengenal lebih dalam mengenai bidang yang satu ini. Nah, di antara ratusan acara seni, berikut ini adalah empat acara tahunan yang rutin diselenggarakan dan wajib kamu hadiri. Ada apa sajakah? Yuk simak ulasan singkat berikut ini!

Art Jakarta

Art Jakarta | Image source: instagram.com/artjakarta

Sebagai art fair terbesar di Indonesia, Art Jakarta menampilkan karya-karya seniman representatif dari puluhan galeri dari dalam mau pun luar negeri. Art fair ini selalu diadakan selama 3 hari. Di tahun 2019, Art Jakarta diselenggarakan pada 30 Agustus hingga 1 September di Jakarta Convention Center. Event bergengsi ini merupakan momen yang baik bagi para seniman, galeri, kolektor, kurator, dan masyarakat umum untuk membangun ekosistem seni kontemporer di Indonesia dan Asia.

Pameran Koleksi Istana

Pameran Koleksi Istana | Image source: instagram.com/salomo_jacob

Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, Galeri Nasional Indonesia selalu menggelar pameran koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia. Galeri yang terletak di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta ini, bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Pariwisata, dan Badan Ekonomi Kreatif. Berbagai karya seperti lukisan, patung, kriya, dan arsip dipamerkan kepada publik selama bulan Agustus. Beberapa seniman yang karyanya menjadi koleksi istana negara antara lain Soedjojono, Raden Saleh, Hendra Gunawan, Basoeki Abdullah, Barli Sasmitawinata, dan masih banyak lagi.

ArtJog

ArtJog | Image source: instagram.com/artjog.id

ArtJog merupakan sebuah perayaan seni yang paling dinantikan di Yogyakarta. Sejak tahun 2008, ArtJog selalu menyuguhkan karya-karya spektakuler dari pada seniman kontemporer dalam negeri. Acara yang digelar di Jogja National Museum ini, diselenggarakan pada pertengahan tahun. Selain pameran karya, ArtJog juga menyuguhkan program lain seperti daily performance, merchandise project, dan program edukasi.

Nandur Srawung

Nandur Srawung | Image source: instagram.com/nandur_srawung

Hingga tahun 2019, program seni di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) ini sudah digelar sebanyak enam kali. Pameran Nandur Srawung melibatkan seniman-seniman Yogyakarta lintas generasi. Acara ini menjadi wadah pertemuan berbagai komunitas dan praktisi seni rupa Yogyakarta untuk berjejaring dalam medan sosial seni rupa.

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.