Destinasi Indonesia Jawa

4 Destinasi Menarik di Kawasan Pantai Ujung Genteng

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pengembangan pariwisata di daerah Sukabumi, Jawa Barat, kini sedang gencar-gencarnya dijalankan. Banyak sekali destinasi wisata alam dan budaya yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah kawasan pantai Ujung Genteng, yang berjarak 100 kilometer dari pusat Kota Sukabumi. Ada tempat menarik apa sajakah di sana? Yuk simak ulasan berikut ini.

Villa Amanda Ratu

Villa Amanda Ratu
Image credit: Welly Jotam (flickr.com)

Sebelum memasuki gerbang area pantai di Ujung Genteng, berbelok ke arah selatan dari Jalan Surade, ada sebuah villa yang letaknya berada di ujung tebing bernama Amanda Ratu. Villa ini dikenal sebagai Tanah Lot-nya Sukabumi. Ketika kita berdiri di atas tebing dan melihat ke arah laut, terdapat sebuah pulau kecil dengan bebatuan dan pepohonan, mirip seperti Tanah Lot di Bali.

Villa Amanda Ratu merupakan resort mewah dengan beberapa cottage yang tersedia. Villa ini pun difasilitasi kolam renang yang besar. Suasananya sangat tenang sehingga kita dapat mendengar suara ombak yang berdebur di bawah tebing. Jika tidak berencana menginap di sini, kita bisa tetap masuk ke area villa ini untuk menikmati panorama lautan dari atas tebingnya. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah ketika matahari terbit, karena kita dapat melihat pemandangan sunrise yang menawan.

Pantai Cibuaya

Ujung Genteng
Image credit: Erwin Mulyadi (flickr.com)

Memasuki kawasan pantai di Ujung Genteng, kita akan disambut dengan keindahan Pantai Cibuaya. Tidak seperti pantai berpasir, pantai ini terdiri dari batu-batu karang kecil yang cantik. Kita dapat menyewa perahu yang akan mengajak kita menikmati suasana Ujung Genteng. Harga sewanya pun tidak mahal, cukup dengan membayar sebesar Rp 10.000.

Di kawasan Pantai Cibuaya juga tersedia penginapan-penginapan dengan tarif yang beragam. Suasana di kawasan penginapan pun sangat tenang dan nyaman. Tak jarang warga lokal pun menawarkan rumahnya untuk disewakan.

Pantai Muara Cipanarikan

Ujung Genteng
Image credit: Ima Lolaita (flickr.com)

Sekitar 3 kilometer dari Pantai Cibuaya, kita akan menemukan sebuah pantai tersembunyi dengan hamparan pasir putih. Pantai tersebut adalah muara dari Sungai Cipanarikan yang mengalir di daerah Surade dan Ujung Genteng. Untuk menuju ke sana, kita dapat menyewa ojek dari Pantai Cibuaya.

Sesampainya di tempat pemberhentian, kita harus berjalan kaki melewati hutan kecil yang rimbun. Ketika keluar dari hutan tersebut, kita akan langsung disuguhi hamparan pasir putih yang memesona. Pantai ini cenderung sepi karena lokasinya tersembunyi. Ombak di sini pun cenderung besar sehingga kita harus berhati-hati ketika bermain air.

Penangkaran Penyu Pangumbahan

Pangumbahan
Image credit: Dwi Suprapti (flickr.com)

Tak jauh dari Pantai Muara Cipanarikan, kita dapat mengunjungi tempat penangkaran penyu hijau di daerah Pangumbahan. Destinasi ini tidak boleh dilewatkan, karena setiap harinya ada puluhan bayi penyu yang dilepas ke laut pada sore hari.

Setiap pengunjung yang datang ke sini akan diberikan seekor penyu untuk dilepaskan di pantai. Pemandu akan memberikan aba-aba ketika waktunya bayi-bayi penyu tersebut harus pergi menuju samudra. Saat dilepas, penyu-penyu kecil tersebut berjalan di pasir dengan menggemaskan. Sambil melihat mereka bergerak ke arah air laut, kita pun bisa menikmati keindahan sunset di pantai penangkaran penyu ini.

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.