Destinasi Papua

4 Destinasi Liburan di Kota Wamena, Papua

Pinterest LinkedIn Tumblr

Rencana liburanmu ke Wamena saat ini mungkin harus ditunda terlebih dahulu. Kota yang kemarin mengalami kerusuhan tersebut ternyata memiliki destinasi untuk jalan-jalan atau traveling yang menarik. Kamu masih mungkin kok liburan ke Wamena. Sayang sekali kalau tidak jadi liburan ke Wamena karena kota ini akan memberikanmu pengalaman berwisata yang asyik. Wisata Wamena merupakan yang terbaik setelah Raja Ampat.

Destinasi wisata di sana pun beragam, ada wisata alam, seperti Lembah Baliem atau Telaga Biru, dan wisata adat budaya, seperti Distrik Kurulu. Mau liburan ala backpacker atau pakai jasa agen travel, traveling ke Wamena akan sayang untuk dilewatkan.

Bahkan keindahan Wamena mampu menarik perhatian seorang mantan menteri Susi Pudjiastuti untuk menikmati keindahannya. Bahkan dalam postingan Instagramnya, beliau mengajak kita untuk turut menjaga kelestarian alam Wamena.

Ragam Wisata Wamena

Wamena | Image Source @moppapua

Tempat apa saja yang bisa dikunjungi saat berada di Wamena?

Ada beberapa tempat menarik yang terkenal di kalangan para turis, seperti Lembah Baliem yang menjadi rumah bagi suku Dani. Ada juga Distrik Kerulu mempunyai mumi terkenal. Kalau ingin wisata alam, kamu bisa mengunjungi Telaga Biru Wamena atau pasir putih di Desa Aikima.

Supaya kamu gak bingung menentukan tempat yang akan dikunjungi saat traveling atau jalan-jalan di Wamena, berikut sekilas tentang destinasi wisata Wamena.

Telaga Biru Wamena

Telaga Biru Wamena | Image Source @baliemfest2018

Letak telaga ini berada di Lembah Baliem, di Distrik Maima. Dari kota Wamena butuh waktu sekitar 2 jam. Telaga ini, seperti namanya, memiliki air berwarna biru toska atau turquoise. Ditambah rimbunnya pepohonan hijau membuat telaga ini semakin indah. Untuk tiba di sini perlu usaha yang lebih tapi semua lelah akan terbayar dengan pemandangan telaga kecil berwarna biru ini.

Lembah Baliem

Lembah Baliem | Image Source @laxmiii_sbdr

Kota Wamena dikelilingi oleh sebuah lembah yang bernama Lembah Baliem. Lembah ini menjadi rumah bagi salah satu suku yang paling terkenal di sini, yaitu Suku Dani. Mereka memiliki rumah dengan bentuk lingkaran yang disebut Honai. Lembah Baliem menjadi rumah bagi festival tertua di Indonesai yang bernama Festival Lembah Baliem. Pemandangan rumput hijau yang  menghampar yang dipagari oleh Pegunungan Jayawijaya menambah keindahan tempat ini.

Pasir Putih Desa Aikima

Pasir Putih Desa Aikima | Image Source @yosinkogoya

Destinasi wisata ini masih berada di Lembah Baliem. Kamu bisa menyaksikan bukit yang dipenuhi pasir putih. Letaknya dekat dengan jalan raya. Dari Kota Wamena hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 15 menit. Untuk waktu mendaki hanya 10 menit saja. Kamu bisa menyaksikan keindahan lembah terkenal ini dan Danau Telaga biru dari atas bukit ini.

Distrik Kurulu

Distrik Kurulu Wamena | Image Source @buttuarlon

Di distrik yang berada di Lembah Baliem ini, terdapat sebanyak 6 mumi yang proses pengawetannya dilakukan dengan cara tradisional. Wim Motok Mabel adalah mumi terkenal yang ada di Distrik Kurulu. Wim sendiri berarti perang dan Motok berarti Panglima. Sementara Mabel adalah nama orangnya. Panglima yang bernama Mabel merupakan panglima perang yang cukup disegani di wilayah Distrik Kurulu juga di Lembah ini dulunya.

Kalau kamu masih tertarik untuk liburan ke Wamena, pastikan ikuti terus berita tentang Kota Wamena.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.