Inspirasi Travel Tips

4 Cara Mengatasi Parno Menggunakan Toilet Umum saat Wisata

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kalau lagi jalan-jalan, urusan soal packing dan lainnya mungkin masih bisa teratasi. Namun, urusan perut paling susah diprediksi ya. Karena tidak semua orang terbiasa menggunakan buang air kecil atau buang air besar di toilet umum. Selain faktor terbiasa menggunakan toilet rumah, faktor lainnya adalah masalah kebersihannya.

Banyak juga orang yang parno menggunakan toilet umum karena masalah kebersihannya. Tidak masalah jika memang mengutamakan kebersihan, namun bagaimana jika kamu kepepet harus menggunakan toilet umum saat liburan? Bagi kamu yang sering resah atau bahkan parno saat menggunakan toilet umum, tidak ada salahnya kalau kamu coba tips berikut.

Cari Tahu Toilet di Destinasi Plesir Kamu

Toilet Jongkok (pixabay.com)

Kalau kamu jalan-jalan di negara Asia, kamu akan lebih sering menemui toilet jongkok. Namun jika kamu tidak terbiasa dengan toilet duduk, kamu tentu kesulitan menemukan toilet jongkok di Amerika atau Eropa. Walaupun sebenarnya, turis Indonesia saat ini sudah banyak yang terbiasa menggunakan toilet duduk – bahkan tidak sedikit turis Indonesia mulai tidak terbiasa menggunakan toilet jongkok.

Untuk kamu yang kesulitan menggunakan toilet jongkok, saat kamu sedang berada di negara Asia – pastikan kamu hati-hati ya! Pasalnya toilet jongkok biasanya basah dan jika tidak hati-hati kemungkinan beresiko tergelincir. Untuk menyiramnya pun jangan sampai tersebar ke mana-mana, pastikan kamu menyiram tepat pada lubangnya.

Jangan Malas Membawa “Alat Tempur” dan Cek Toilet

Tisu Toilet (pixabay.com)

Urusan perut memang sulit diprediksi, bahkan saat kamu plesiran. Saat kamu memang darurat butuh ke toilet umum, kamu perlu membawa tisu basah dan tisu kering sendiri. Pasalnya, tidak semua toilet umum menyediakan tisu sendiri. Lalu, sebelum menggunakan toilet, pastikan kamu sudah mengecek tombol flush toilet. Kamu tentu tidak mau kan asal menggunakan toilet, ternyata tidak bisa membilas atau flush?

Jangan Lupa Cuci Tangan Setelah Beres Buang Hajat

Cuci Tangan Setelah Buang Hajat (pixabay.com)

Setidaknya kamu sudah mencuci tangan menggunakan air bersih atau hand sanitizer setelah melakukan “proses buang hajat” dan keluar dari bilik toilet. Pasalnya, gagang pintu bilik toilet menjadi sarang utama berkembang biak kuman.

Berada di Toilet Kering? Begini Adab Toilet Kering

Bilik Toilet Umum (pixabay.com)

Jika kamu tidak nyaman menggunakan toilet umum, kamu bisa mencari toilet yang berada di bangunan modern atau pusat perbelanjaan yang menggunakan toilet duduk. Biasanya, toilet yang berada di bangunan modern menggunakan toilet duduk dan dalam keadaan kering. Setelah kamu menggunakan toilet kering, pastikan kamu meninggalkan toilet dalam keadaan kering dan tidak ada sedikit pun becek. Jadi saat ada orang yang menggunakan toilet yang sama, kamu tidak membuat orang tersebut jijik.

Jadi, sudah tidak parno lagi kan menggunakan toilet umum saat jalan-jalan? Kamu tim toilet duduk atau tim toilet jongkok?

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.