Kesehatan Kuliner

4 Cara Aman Menjaga Makanan dari Bakteri Saat Banjir

Pinterest LinkedIn Tumblr

Banjir masih menjadi persoalan yang cukup besar di Indonesia saat musim hujan. Kalau kamu tinggal di wilayah yang kebanjiran, pastikan kamu tetap menjaga kesehatanmu agar tidak mudah sakit dan terjangkit penyakit. Salah satunya adalah dengan memastikan stok makanan tetap terjaga dengan baik dan tidak terkena bakteri. Tapi, bagaimana ya caranya agar menjaga makanan tetap aman dari bakteri jika kamu tinggal di wilayah yang kebanjiran? Yuk simak tips berikut ini ya!

Gunakan Es Batu

jaga makanan dengan es batu agar tidak terkena bakteri
Image source: redonline.co.uk

Saat banjir biasanya pihak PLN mematikan aliran listrik untuk menghindari risiko tersengat yang bisa membahayakan nyawa seseorang. Karena pasokan listrik dimatikan, pasti dong semua barang elektronik tidak bisa bekerja seperti biasanya. Lantas bagaimana dengan makanan yang kamu simpan di kulkas? Bisa saja kan makanan tersebut menjadi rusak dan basi? Untuk menghindari hal ini dan menjaga makanan kamu tetap awet, kamu bisa kok menggunakan es batu sebagai pengganti kulkas. Suhu dingin dari es batu dapat mengurangi risiko makanan rusak. Tetapi, pastikan dulu ya makanan tersebut masih dalam kondisi baik dan tidak terkena air banjir.

Cuci Peralatan Makanan dengan Baik

Image source: edengracemaids.com

Peralatan makan juga sangat penting untuk kamu perhatikan bila daerah kamu terkena banjir. Jangan sampai peralatan makan kamu tidak dibersihkan dengan baik sehingga masih ada bakteri atau kuman yang tertinggal. Cara membersihkan peralatan makan yang dianjurkan yaitu dengan menggunakan air sabun panas. Setidaknya rendam alat makan kamu selama 15 menit dengan air sabun panas tersebut lalu bersihkan dengan sabun pencuci piring anti-bakteri. Pastikan juga tidak ada sisa sabun yang tertinggal ya!

Buang Makanan Bila Terkena Genangan Air

Image source: sustaination.id

Stok makanan kamu terkena genangan air banjir? Lebih baik jika kamu langsung membuangnya karena makanan itu kemungkinan besar telah terjangkit kuman atau kotoran. Bila terkontaminasi dan dikonsumsi, sudah pasti akan membahayakan kondisi kesehatan kamu, kan? Pokoknya, apapun jenis makanannya, termasuk makanan yang masih dalam kemasan, langsung buang makanan tersebut jika terkena genangan air.

Pakai Air dalam Kemasan

Image source: phys.org

Saat banjir, biasanya kondisi air masih belum layak untuk dikonsumsi. Jadi, sebagai alternatif, kamu bisa mengonsumsi air mineral dalam kemasan terlebih dahulu. Jangan dulu memasak air keran sampai air benar-benar bersih. Tetapi, jika kamu terpaksa memasak air mentah, sebaiknya kamu merebus air tersebut selama 3 sampai 5 menit untuk membasmi patogen dan bakteri lainnya. Bila setelah direbus kamu melihat ada endapan atau zat yang mengambang, saring air tersebut untuk memisahkannya lalu rebus kembali air tersebut hingga mendidih. Ingat ya, air yang bersih itu tidak memiliki bau, warna, dan rasa.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.