Kesehatan Kuliner

4 Bahan Alami dengan Kandungan Antivirus

Pinterest LinkedIn Tumblr

Menjaga tubuh kamu untuk tetap fit sangatlah penting agar terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang terbukti memiliki kandungan antivirus. Mengonsumsi bahan tersebut dipercaya dapat meningkatkan sistem imun sehingga tubuh kamu mampu memerangi virus yang akan menyerang kesehatanmu. Dilansir dari Healthline dan Livestrong, berikut ini ada beberapa bahan makanan alami yang memiliki sifat antivirus:

Baca Juga:

Jahe

jahe sebagai bahan alami mengandung antivirus
Image source: ediblend.com

Bahan alami ini dikenal sebagai obat tradisional yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal ini disebabkan oleh kandungan antivirus yang kuat di dalam jahe sehingga kerap kali dijadikan sebagai bahan pengobatan alami. Berdasarkan penelitian dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences, ekstrak jahe mampu memerangi virus seperti RSV, avian influenza, dan FCV (feline calivirus) yang setara dengan norovirus manusia. Senyawa lain dalam jahe seperti zingerone dan gingerol sering dimanfaatkan untuk mencegah virus memasuki sel inang.

Baca Juga:

Bawang Putih

Bawang putih bahan alami
Image source: @diyetisyenecemersen

Satu lagi bahan alami populer yang sering dijadikan obat tradisional. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Clinical Medicine and Research, ekstrak bawang putih dapat mengatasi masalah kutil yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Penelitian lain dalam Avicenna Journal of Phytomedicine mengungkap bahwa bawang putih memiliki sifat antivirus terhadap HIV, pneumonia, influenza A dan B, rhinovirus, dan HSV-1. Kemampuan antivirus bawang putih disebabkan karena bahan ini mampu meningkatkan imunitas sehingga tubuh terlindungi dari infeksi virus.

Ginseng

Ginseng bahan alami untuk menjaga kesehatan
Image source: pixabay.com

Merupakan bahan alami berupa akar tanaman yang berasal dari keluarga Panax, ginseng sering diaplikasikan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Bahkan banyak penelitian yang telah membuktikan efektivitas ginseng dalam melawan berbagai virus. Contohnya penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Molecular Medicine. Berdasarkan penelitian tersebut, ekstrak ginseng merah yang tumbuh di Korea terbukti dapat memerangi RSV, hepatitis A, dan virus herpes.

Selain itu, penelitian dalam Journal of Ginseng Research mengungkap bahwa senyawa ginsenosides yang terdapat dalam ginseng mengandung sifat antivirus. Sifat antivirus bahan alami ini dapat memerangi  norovirus, hepatitis B, dan virus coxsackie yang menjadi penyebab beberapa penyakit berbahaya termasuk meningoencephalitis atau infeksi otak.

Probiotik

probiotic memiliki sifat antivirus
Parfait sehat berbahan yoghurt / Image source: @lactinaltd

Bahan alami jenis ini termasuk dalam bakteri sehat yang terdapat dalam beragam makanan. Sifatnya mirip dengan bakteri alami yang ada dalam tubuh. Probiotik juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menyehatkan pencernaan, khususnya bagi yang terpapar infeksi virus seperti virus hepatitis. Untuk merasakan manfaat antivirus dari probiotik, konsumsilah makanan yang mengandung bakteri ini seperi acar, asinan kubis, buttermilk, kefir, yoghurt, dan produk fermentasi dari kedelai.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.