Seni dan Budaya

3 Fakta Tentang Amelia Earhart, Wanita Pertama yang Terbang Menyebrangi Samudra Atlantik

Pinterest LinkedIn Tumblr

Menjelajahi dunia menggunakan pesawat terbang bukanlah hal yang baru bagi masyarakat masa kini. Terlebih dengan banyaknya akses dan jasa wisata, kita dapat dengan mudah berkeliling dari negara satu ke negara lain sesuai keinginan. Dorongan manusia untuk menjelajahi dunia sudah berlangsung sejak berabad-abad lalu. Perkembangan teknologi transportasi pun menjadi modal utama yang mendukung semangat penjelajahan ini.

Seorang wanita berkebangsaan Amerika Serikat menjadi salah satu tokoh penting dalam sejarah penjelajahan dunia. Ia adalah Amelia Earhart, pelopor penerbangan dan pejuang hak wanita Amerika Serikat. Amelia dikenal sebagai wanita pertama yang terbang solo dari Hawaii ke California di tahun 1935.

Dengan prestasinya tersebut, hingga kini Amelia tetap dikenang oleh masyarakat dunia. Ia memiliki beragam kisah menarik dan dituliskan ke berbagai judul buku dan film. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik Amelia Earhart yang jarang diketahui banyak orang.

Jiwa Petualang Sudah Dimilikinya Sejak Kecil

Image credit: wallpapers.d-bloggertemplate.com

Masa kecil Amelia Earhart dipenuhi kegiatan eksploratif bersama saudara dan tetangganya. Mereka sering melakukan permainan-permainan yang pada masa itu jarang dilakukan anak-anak perempuan. Seperti memanjat pohon, meluncur dari bukit, hingga berburu hewan kecil dan serangga.

Pernah Bekerja Sebagai Perawat

Image credit: brainpickings.org

Menginjak usianya yang ke-20, Amelia Earhart mendapatkan pelatihan dari Palang Merah sebagai asisten perawat. Ia pun sempat bekerja di Rumah Sakit Spadina di Ontario sebagai perawat. Tugasnya adalah memberikan resep dokter, dan menyiapkan makanan di dapur rumah sakit.

Pernah Mengunjungi Kota Bandung

Image credit: Univ. of Purdue

Siapa sangka, Kota Bandung di Indonesia menarik perhatian Amelia Earhart. Pada tahun 1937, ia singgah di kota ini untuk memperbaiki pesawatnya di Lapangan Terbang Andir. Sambil menunggu pesawatnya siap kembali dipakai, Amelia berjalan-jalan selama beberapa hari menikmati keindahan kota yang sudah dijuluki “Parijs van Java” sejak dahulu ini. Berdasarkan arsip suaminya di Purdue University, Amelia Earhart terpincut dengan keindahan panorama Gunung Tangkubanparahu dari sebuah brosur pariwisata terbitan Bandoeng Vooruit. Selama di Bandung, Amelia menginap di Grand Hotel Preanger yang kini masih berdiri megah di Jalan Asia Afrika.

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.