Kuliner

17 Jenis Keripik Nusantara yang Perlu Kamu Ketahui

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tahukah kamu bahwa ada banyak jenis keripik nusantara khas dari berbagai daerah? Camilan favorit banyak orang ini tentu saja menambah lagi kekayaan kuliner Indonesia. Bahan dasarnya pun berbeda-beda. Ada yang terbuat dari buah-buahan, umbi-umbian, sayuran, dsb. Teknik memasaknya pun beragam, ada yang dicampur dengan tepung lalu digoreng atau ada yang dimasak dengan teknik khusus tanpa melalui proses penggorengan.

Lantas apa saja nih jenis keripik nusantara bercita rasa lokal yang bisa kita nikmati? Sebagai contoh ada 17 jenis keripik khas Indonesia yang bisa dengan mudah kamu temukan. Berikut daftarnya:

Keripik Gapit

keripik nusantara
Image source : bumbukuliner.com

Kamu bisa menemukan keripik nusantara ini di Cirebon. Dikenal dengan nama keripik gapit, makanan ini berbentuk pipih dengan tekstur yang renyah. Keripik gapit sendiri terbuat dari campuran tepung terigu, tapioka, dan telur.

Keripik Labu

kuliner indonesia
Image source : sajiansedap.grid.id

Sesuai dengan namanya, keripik nusantara ini menggunakan labu sebagai bahan dasarnya. Kandungan nutrisi dan vitamin C yang terdapat di dalam keripiki labu tentunya dapat memberikan asupan baik bagi tubuh kamu bila disantap sebagai camilan. Tetapi, ingat ya, jangan menggunakan teknik menggoreng untuk mengolah keripik ini bila kamu masih ingin mendapatkan nutrisi yang terkandung di dalam labunya.

Keripik Oncom

camilan
Tokopedia.com @oleh oleh khas bandung

Kalau keripik nusantara yang satu ini biasa dijadikan oleh-oleh khas Bandung. Keripik ini terbuat dari oncom yang diiris tipis kemudian dilumuri tepung yang telah dibumbui. Rasanya asin dan tentu saja kamu masih bisa merasakan rasa khas oncom di setiap gigitan.

Keripik Cabai

camilan favorit
Image source : kreasisasa.com

Khusus bagi kamu penyuka kuliner pedas, keripik nusantara asal Kota Dumai, Provinsi Riau. Rasa keripik ini gurih dan memiliki tekstur renyah. Tidak ketinggalan cita rasa pedas yang masih bisa kamu cicipi dalam keripik ini.

1 2 3 4
Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.